Cara Daftar SNMPTN 2014

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 17 Februari 2014

Cara Daftar SNMPTN 2014

Buat warga kelas XII yang ingin masuk kampus negeri, jangan lewatkan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 yang dibuka Senin, (17/2).

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, SNMPTN ini mengambil datanya dari nilai raport. Tetapi, ada penambahan, yaitu panitia juga mengambil dari nilai Ujian Nasional.

 

"Pastinya mengambil dari nilai raport siswa, tetapi nilai Ujian Nasional juga diambil, presentasenya itu, yang menentukan seberapa besar presentasenya dari pihak universitas, dan yang paling penting itu kejujuran dari pihak siswa maupun sekolah dalam mengisi data," ungkap Ganjar Kurnia, selaku Ketua SNMPTN 2014.

 

Nah, berhubung kuota peserta yang terseleksi itu sebanyak 133.604 orang, jadi musti dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Soalnya, pada 31 Maret 2014 pendaftaran SNMPTN ditutup, dan pengumuman lulus seleksinya pada 27 Mei 2014.

 

Cara daftar dan persyaratannya

Buat terdaftar sebagai peserta SNMPTN, Sekolah harus punya Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), lalu mengisikan data sekolah berikut data siswa seperti nilai rapor dari semester 1-5 di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Jika sekolah sudah terdaftar di PDSS, pastinya siswa di sekolah tersebut punya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

 

Nah, setelah itu, cara pendaftaran SNMPTN adalah, siswa yang melamar menggunakan NISN dan password yang diberikan kepala sekolah untuk login di website http://snmptn.ac.id, setelah itu isi biodata, seperti pilihan kampus, mengisi prestasi tambahan, dan mengupload foto. Setelah semuanya terisi dengan benar , siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran, itu menjadi bukti bahwa siswa tersebut sudah terdaftar menjadi peserta SNMPTN.

 

Tata cara dan persyaratan sudah diberitahu, nah, jika menemui kesulitan, atau informasinya kurang jelas, bisa tanyakan langsung ke kepala selolah, mengunjungi websitenya, atau bisa juga hubungi call center di 0804-1450-450.


(alvin/hai, foto: pmb.uny.ac.id)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN