Bus Wisata di Indonesia: Surabaya dan Bandung

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 22 Juli 2014

Bus Wisata di Indonesia: Surabaya dan Bandung

Kalau bingung mau ngapain pas liburan. Cobain aja keliling kota dengan bus wisata. Selain bisa menambah ilmu juga bisa melihat keindahan kota. Mau coba naik bus wisata di Surabaya dan Bandung?

 

Surabaya Shopping and Culinary Track 

Apa artinya liburan tanpa wisata kuliner dan belanja. Ini juga yang dipikirkan oleh bus wisata keliling Surabaya milik pemerintah kota Surabaya. Jalur yang digunakan enggak hanya jalur tempat wisata tapi juga tempat belanja dan makan.  Bus beroperasi seminggu tiga kali yaitu ; Selasa, Sabtu, Minggu dari jam 09.00 -14.00.

 

Tur keliling kota ini meliputi Balai Pemuda, Balai Kota, Taman Ekspresi, Tugu Pahlawan, Museum Kesehatan, Museum BI dan Jembatan Merah Plaza. Kita cukup bayar sekitar 7500 rupiah per orang dan bisa kenyang keliling kota selama lima jam. Di setiap tempat bus ini berhenti sekitar 45 menit. Sebaiknya kita daftar dulu  ya kalau mau naik, soalnya jumlah bisnya masih terbatas. Oh'ya mereka juga menerima tur rombongan lho. Jadi, kalau mau rame-rame sama teman satu sekolah atau satu kelas juga bisa nih.

 

Info: Surabaya Tourism information Center Jl. Gubernur Suryo 15 Surabaya.  Telp 031- 534- 0444

Twitter: @TICSby  websit4e: www.sparklingsurabaya.ifo

 

Surabaya Heritage Trail 


Sedikit berbeda dengan bus wisata milik pemkot Surabaya, bus yang satu ini bagian dari House of Sampoerna. Dikenal dengan nama Surabaya Heritage Trail, bus ini jalurnya mengeliling bagian utara Surabaya atau wilayah kota tuanya. Setiap kali beroperasi ada tiga kali jam berangkat. Hari Selasa - Minggu jam 09.00, 13.00 dan 15.00. Bus ini gratis lho.

 

Kita bisa memilih, ada yang rute pendek sektiar 1-1,5 jam dan ada yang rute panjang. Jalur yang dilewati antara lain;  House of Sampoerna, PTPN IX Museum perjuangan 10 November, Klenteng Hok An Kiong, Escompto Bank, kantor Pos Kebonrojo. Di setiap tempat SHT ini akan berhenti sekitar 10-15 menit. Jadi kita bisa puas-puasin untuk berfoto-foto.

 

Info: House of Sampoerna. Taman Sampoerna 6 Surabaya 60163, telp: 031-353-9000, tracker information centre (TIC) SHT extention 24142    www.houseofsampoerna.museum

 

Bandung Tour on Bus, Bandros 

Bandung Tour on Bus yang disingkat Bandros adalah bus wisata yang direncanakan akan berkeliling kota kembang. Belum ada tanggal yang pasti kapan bus ini ditargetkan  beroperasi sekitar bulan Agustus 2014.

 

Rencananya bus ini akan lewati jalur Braga, Pasirkaliki, Setiabudi, Dago dan kawasan wisata lainnya. Untuk wisatawan mancanegara Bandros gratis. Sedangkan untuk wisatawan lokal bisa menggunakan struk belanja dari FO dengan nilai berapa pun.

 

(Baca juga: Bus Wisata di Indonesia: Jakarta dan Solo)

 

(muti, foto: indonesia-tourism.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN