Bus Wisata di Indonesia: Jakarta dan Solo

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 22 Juli 2014

Bus Wisata di Indonesia: Jakarta dan Solo

Kalau bingung mau ngapain pas liburan. Cobain aja keliling kota dengan bus wisata. Selain bisa menambah ilmu juga bisa melihat keindahan kota. Mau coba naik bus wisata di Jakarta dan Solo?

 

Bila kita ingin menjelajahi kota  ke banyak tempat dengan nyaman dan tanpa nyasar,  kita wajb mencoba bus wisata. Di berbagai kota wisata dunia, bus wisata ini jadi salah satu andalan para turis. 

 

Sekarang pun kita enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan asyiknya naik bus wisata. Karena di beberapa kota di Indonesia sudah ada fasilitas ini,mulai dari yang gratis hingga yang bayar. Dilengkapi dengan tur guide di dalamnya, sembari melihat keindahan kota, ilmu soal sejarah kota tersebut akan bertambah. Puas dong.

 

Jakarta City Tour 

Bus berwarna kuning ungu ini akan semakin banyak kita lihat di jalanan ibukota mulai Februari lalu. Hingga bulan Desember Jakarta City Tour masih gratis, lho. Selama satu jam, Kita akan berkeliling dengan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Sarinah, Museum Nasional, Halte Santa Maria, Pasar Baru, Gedung Kesenia Jakarta, Masjid istiqal, Istana Merdeka, Monas, Balai Kota dan Sarinah. Bus beroperasi mulai dari jam 09.00- 19.00 khusus untuk hari Minggu mulai dari jam 12.00. 

 

Kita enggak perlu daftar atau beli tiket. Tinggal menunggu di halte yang bertuliskan City Tour. Ada lima halte nih; Halte Bundaran HI, Museum Nasional, Halte Istiqal dan halte balai kota. Di akhir pekan, enggak semuanya bus berhenti di setiap halte itu, lho. Hanya beberapa bus wisata yang berhenti. Kita bisa lihat dari tanda yang dipasang di kiri depan bus, di halte mana bus itu berhenti. Habis keliling kota  jangan lupa update foto  di Twitter biar bisa di RT oleh Jakarta City Tour, ya.

 

Info: Website: jakarta-tourism.go.id  Twitter: @CityTourJakarta

 

Bus tingkat werkudara 

Bus tingkat yang diambil dari nama tokoh cerita Mahabrata ini merupakan bus tingkat Solo.  Bus ini memiliki kapasitas 54 kursi dengan warna merah. Bus ini beroperasi dari hari Sabtu - Minggu sebanyak tiga kali yaitu jam 09.00, 12.30 dan 03.30  Dalam bus ini dilengkap dengan televisi, AC dan kursi VIP di lantai atas.

 

Dengan waktu sekitar dua - tiga jam kita bisa keliling kota yang dimulai dari Manahan,  Jl. Slamet Riyadi, Purwosari, Gladak, Balaikota, Pasar Gedhe, RSUD dr Moewardi, UNS, Jurug , UNS, Panggung, Pasar Gedhe, Gladag, Pusat Grosir Solo (PGS), Sangkrah, Alun-alun Utara , Pasar Kliwon,  Baturono , Gading, Tipes, Baron,  Jongke,  Purwosari  dan Kerten.

 

Harga tiket lumayan murah sekitar Rp. 20 ribu per orang. Tapi kalau kita datang secara rombongan, bisa dicarter selama tiga jam dengan harga sekitar 800 ribu. Dan khusus untuk carteran ada paket-paket wisata dengan jalur khusus juga lho. Kalau mau naik bus wisata Werkudara ini sebaiknya kita reservasi minimal tiga jam sebelumnya.

 

Info: Pemesanan tiket dan informasi: Dishubkominfo bidang angkutan Jl Menteri Supeno no 7 Manahan Solo. Contact person : 0856-4200-5156 (Indri), 0856-2979-0462 (Sandi)

 

(Baca juga: Bus Wisata di Indonesia: Surabaya dan Bandung)

 

(muti, foto: travel.kompas.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN