Buku 100 Hari Keliling Indonesia: Pengalaman seru dari Sabang sampai Merauke

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 27 Maret 2015

Buku 100 Hari Keliling Indonesia: Pengalaman seru dari Sabang sampai Merauke

Jangan ngaku sebagai orang Indonesia kalau kita belum pernah traveling keliling Indonesia! Padahal, ada berbagai hal menarik yang bisa dieksplor dari negara kita ini lho, girls. Nah, ada berbagai destinasi keren yang bisa dipilih sebelum menjelajahi Indonesia. Semua itu tertuang dalam buku 100 Hari Keliling Indonesia terbitan Bhuana Ilmu Populer (BIP) yang diluncurkan kemarin (26/3).

 

Pengalaman seru dari Sabang sampai Merauke

Bersama host 100 Hari Keliling Indonesia (HKI), Ramon Y. Tungka dan sang produser, Frayanty Wowiling hadir dalam peluncuran buku tersebut di Toko Buku Gramedia Central Park, Jakarta Barat. Mereka pun menceritakan pengalaman seru mereka saat menjelajahi Sabang sampai Merauke.

Sempat dituduh masuk desa tanpa izin

 

Ternyata, perjalanan mereka bersama Tim 100 HKI enggak semulus yang dibayangkan. Mereka pernah dituduh masuk ke desa Sadap, Kalimantan tanpa izin. Mereka sempat berkonflik dengan warga karena dinilai melanggar adat. Padahal, Tim 100 HKI sebenarnya sudah mengantongi izin memasuki wilayah tersebut. Alhasil, kamera tim sampai mau disita, lho!

 

"Kita menjalani sidang adat jam 9. Udah kayak terdakwa. Mana enggak ada ada isnyal, enggak bisa kabarin kantor," kenang Ramon. Untungnya, masalah bisa diselesaikan dengan baik. Kendati begitu, ia bersama tim 100 HKI mendapat banyak pengalaman berharga lainnya yang enggak ternilai.

 

Wajib bawa hati dan otak

Ramon pun punya dua barang yang wajib dibawa saat traveling keliling Indonesia. "Wajib  bawa hati dan otak. Itu yang paling penting," katanya. Dengan begitu, kita bisa mencintai Indonesia dengan menghargai keberagaman dan menjaga keindahannya.

 

Ia juga mengungkapkan kalau misi 100 hari berkeliling Indonesia ini adalah supaya masyarakat Indonesia juga mau mencintai negeri sendiri. Soalnya, kita juga bisa menangkap keindahan negeri ini dengan sejujur-jujurnya. Kalau makin penasaran dengan perjalanan Ramon dan tim selama berkeliling Indonesia, buku setebal 232 halaman ini sudah dijual di toko buku, lho. Harganya Rp100.000 dan gratis CD Behind the Scene 100 HKI.

 

Hmm... jadi kepikiran deh, kira-kira liburan nanti sehabis ujian kita bakal traveling ke mana ya, girls?

 

(sintia, foto: sintia, gramedia.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN