Besok Sepeda Motor Enggak Boleh Lewat Jalan MH Thamrin dan Medan Merdeka Barat Jakarta

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 16 Desember 2014

Besok Sepeda Motor Enggak Boleh Lewat Jalan MH Thamrin dan Medan Merdeka Barat Jakarta

Girls, mulai besok sepeda motor enggak boleh lewat jalan MH Thamrin dan Medan Merdeka Barat Jakarta. Apa alasannya?

 

(Baca juga: Llihat Kepribadian Cowok Berdasarkan Motornya)

 

Mengurangi angka kecelakaan sepeda motor

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar menegaskan tujuan dari penerapan peraturan kawasan pelarangan sepeda motor ini adalah demi menciptakan ketertiban berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang didominasi oleh pengguna sepeda motor.

 

"Tidak kurang dari 2.000 orang meninggal di dunia. Tetapi jumlah 2.000 orang meninggal itu tidak menimbulkan kekhawatiran sebagian masyarakat. Terlihat dari perilaku sepeda motor yang masih membahayakan, seperti melawan arus dan menerobos lampu merah," ujar Akbar.

 

"Dari pengalaman kota yang sudah melakukan ini ya, seperti di Guangzhou (Tiongkok), mereka bisa mengurangi kecelakaan sampai 40 persen kecelakaan lalu lintas," ia menambahkan.

 

(Baca juga: Cek 4 Kelengkapan Motor Agar Terhindar Kecelakaan)

 

Kenapa MH Thamrin dan Medan Merdeka Barat?

Meski mengakui ruas Jalan Thamrin dan Medan Merdeka Barat bukan merupakan kawasan dengan tingkat kecelakaan tertinggi, Akbar menyatakan pemilihan kedua ruas jalan itu karena sudah baiknya layanan angkutan umum di lokasi tersebut.

 

"Kita memulai yang kondisi kendaraan umumnya sudah bagus. Kemudian yang relatif petugasnya ada. Ya paling pas ya kedua jalan itu," kata mantan Kepala BLU Transjakarta itu.

 

Akan berlaku setiap hari

Pelarangan sepeda motor rencananya akan berlaku setiap hari tanpa hari pengecualian. Jadi, peraturan akan tetap berlaku pada hari Minggu ataupun hari libur lainnya. Di sepanjang zona pelarangan sepeda motor akan dioperasikan bus gratis yang akan beroperasi dari pukul 06.00 hingga pukul 22.00.

 

Di luar jam tersebut, warga bisa menggunakan transjakarta koridor I angkutan malam hari ataupun taksi.

 

(Baca juga: Tips Perawatan Rambut Untuk Cewek Pengendara Motor)

 

(alsadad/kompas.com, foto: tumblr.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN