Belajar Melalui Olahraga Bersama International Inspiration

Published by : Marti Posted on : Selasa, 22 Oktober 2013

Belajar Melalui Olahraga Bersama International Inspiration

Olahraga memang menyenangkan, tapi masih banyak yang malas melakukannya. Banyak siswa yang merasa pelajaran olahraga itu monoton dan kurang variasi serta membosankan sehingga membuat mereka malas mengikuti olahraga ini. Tapi sekarang teman-teman kita di beberapa sekolah terpilih yang mengikuti program International Inspiration merasakan kalau olahraga ternyata menyenangkan banget.

 

Program ini merupakan hasil kerjasama British Council, UNICEF, dan UK Sports. Awalnya, program ini lahir ketika London terpilih sebagai lokasi Olimpiade 2012 lalu dan Inggris berjanji akan melaksanakan program berdasarkan olahraga untuk menginspirasi anak-anak di seluruh dunia. Program ini mampu meraih 12 juta pelajar di 20 negara, termasuk salah satunya Indonesia, selama tiga tahun pelaksanaannya.

 

"Program ini bisa diterapkan kepada semua anak, enggak hanya mereka yang jago olahraga saja. Bahkan, anak-anak berkebutuhan khusus pun bisa merasakan asyiknya olahraga," ujar Mark Crossey, Director Program British Council Indonesia.

 

Tiga kegiatan utama

Ada tiga kegiatan utama dalam program ini, yaitu mengembangkan pendidikan jasmani yang inklusif, pembangunan kemitraan antara sekolah di Indonesia dan Inggris, serta sosialisasi penggunaan olahraga dan permainan untuk perubahan prilaku anak-anak. "Olahraga enggak hanya tentang menang dan mendapat medali. Tapi mengajarkan kita tentang disiplin, toleransi, kepemimpinan, percaya diri, menghargai orang lain dan kerja sama sehingga bagus jika diterapkan pada anak-anak dan remaja," sambung Pak Mark.

 

Program ini sendiri memilih 300 sekolah di bangku SD dan SMP yang tersebar di lima kota, yaitu Jakarta, Subang, Pasuruan, Surabaya, dan Bone. Selama dua hari, yaitu 22-23 Oktober 2013, sebanyak 100 praktisi, siswa-siswa peserta kegiatan ini, dan guru di sekolah terpilih mengikkuti konferensi International Inspiration di Jakarta dengan tujuan berbagi pengalaman dan hasil kegiatan yang diterapkan di sekolah masing-masing.

 

(iif)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN