Bait al-kamil: zakat produktif untuk pendidikan

Published by : Marti Posted on : Kamis, 18 Juli 2013

Bait al-kamil: zakat produktif untuk pendidikan

Selain menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, umat muslim juga berkewajiban untuk membayar zakat. Dalam Islam, zakat enggak hanya memiliki fungsi sebagai bantuan amal dari si kaya ke si miskin. Tetapi ada juga pengelolaan zakat yang memiliki efek jangka panjang bagi para penerima zakat melalui zakat produktif.

 

Zakat produktif sendiri memiliki arti pengelolaan dan penyaluran dana zakat yang mempunyai efek jangka panjang bagi para penerima zakat. Inilah yang membedakan zakat produktif dengan zakat konsumtif.

 

Bait Al-Kamil selaku badan independen yang bergerak di bidang pengumpulan, pengelolaan, dan penyaluran zakat, infaq, sedekah, wakaf serta dana sosial seperti bantuan bencana alam. Melaksanakan pengelolaan zakat produktif sebagai bagian dari upaya menuju transformasi sosial untuk Indonesia yang lebih baik.

 

Melalui program Khalifah, Bait Al-Kamil memberikan bantuan biaya pendidikan bagi lulusan SMP yang berasal dari keluarga pra-sejahtera untuk mendapatkan pendidikan bertaraf internasional di Akademik Siswa Bangsa Internasional (dahulu Sampoerna Academy). Selama periode 2013 - 2013 Bait Al-Kamil telah berhasil membantu empat siswa dari keluarga pra-sejahtera untuk melanjutkan pendidikannya ke Akademi Siswa Bangsa Internasional.

 

Selain itu Bait Al-Kamil juga memiliki program baru, yaitu program cinta masjid dan program wakaf Al-Qur'an. Jadi, kita enggak hanya bisa menyumbangkan uang tapi juga Al-Qur'an yang nantinya akan disalurkan ke daerah-daerah yang membutuhkan.

 

(ika, foto. ika)

 

 

 

 

Tags : zakat

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN