Artefak dari Gletser Cair di Norwegia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 2 September 2013

Artefak dari Gletser Cair di Norwegia

Lapisan es di pegunungan Norwegia yang mencair karena pemanasan global memunculkan penemuan artefak peninggalan masa silam, girls. Beberapa di antaranya ada tunik dari zaman besi, anak panah dan busur fragmen dari zaman Neolitikum yang usianya diperkirakan mencapai sekitar 6000 tahun.

 

Seperti yang diberitakan lewat situs BBC, penemuan ini diterbitkan dalam dua makalah di jurnal Antiquity. "Penemuan baru ini sangat penting untuk menggambarkan bagaimana kaitan dunia pakaian dan produksi tekstil Eropa utara dengan bangsa Romawi," kata Marianne Vedeler dari Universitas Oslo, Norwegia.

 

Tunik itu ditemukan di gletser Lendbreen di Norwegia. Menurut penelitian, pakaian itu dibuat antara tahun 230 dan 390 Masehi. Tunik ini juga merupakan salah satu dari segelintir tunik yang muncul dari periode ini. Dua kain berbeda dan ujung serat mengungkapkan, keduanya terbuat dari wol.

 

"Tunik dari Lendbreen sekilas seperti sejenis pakaian hangat yang sering digunakan oleh pemburu yang kerap berburu di dataran es Skandinavia untuk mengejar rusa. Di baju itu tidak ada tombol atau ikatan, tetapi itu hanya seperti sweater," kata Vedeler.

 

(lana, foto: bbc.co.uk)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN