Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Overdosis?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 14 Juli 2013

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Overdosis?

Sering mendengar istilah overdosis? Apa sih yang kamu tahu seputar istilah ini? Yakin udah benar-benar mengerti?

 

Ketika kita mengkonsumsi apapun dengan kandungan yang mempunyai pengaruh terhadap tubuh, dibutuhkan sebuah ukuran atau standar untuk menentukan berapa banyak yang boleh kita konsumsi tiap harinya. Jika kita melebihi standar tersebut, maka pengaruh tersebut akan menjadi terlalu besar dan mengacaukan sistem tubuh kita. Dalam dunia medis, ini disebut overdosis.

 

Bukan hanya obat terlarang

Overdosis memiliki efek yang cukup berbahaya, hingga yang paling buruk adalah kematian. Biasanya overdosis dikenal dengan konsumsi obat-obatan melebihi dosis yang diberikan oleh dokter atau pihak medis lainnya. Kebanyakan, kematian karena overdosis dialami oleh para pengguna obat tidur, obat penenang, narkotika dan obat-obatan terlarang.

 

Obat yang digunakan secara salah dan berlebihan ini yang bisa merusak sistem syaraf kita. Ketergantungan, keinginan untuk mengkonsumsinya secara terus menerus karena ingin menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh tubuh yang sudah dirusak sebelumnya oleh obat ini.

 

Merenggut banyak nyawa

Overdosis memiliki gejala yang bisa diperhatikan oleh orang awam, beberapa diantaranya adalah penurunan kesadaran dan frekuensi pernapasan kurang dari 12 kali/menit. Perilaku bermasalah menggunakan obat-obatan hingga overdosis ini telah merenggut nyawa dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk beberapa selebriti terkenal.

 

Amy Winehouse meninggal karena terlalu banyak kandungan alkohol dalam tubuhnya, Heath Ledger yang diduga terobsesi dengan perannya sebagai Joker dalam film Batman, meninggal karena overdosis obat penenang. Nama-nama terkenal lainnya seperti Jimi Hendrix, Jim Morrison, Elvis Presley, Anna Nicole Smith, Whitney Houston, dan Marilyn Monroe juga melengkapi daftar selebriti terkenal sepanjang masa yang meninggal karena overdosis.

 

Ada berbagai alasan mengapa para selebriti ini mengonsumsi narkoba. Mulai dari pengaruh pergaulan hingga tuntutan hidup yang terlalu berat dari berbagai pihak. Apapun alasannya, ada banyak jalan mengatasi masalah daripada obat-obatan terlarang, girls, remember that!

 

(uswatun, foto: net)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN