Apa Sih, May Day?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 1 Mei 2013

Apa Sih, May Day?

May day atau dikenal sebagai Hari Buruh lahir karena adanya disiplin yang berlebih, lamanya jam kerja, minimnya upah, dan buruknya suasana kerja di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pemogokan kerja pertama oleh para buruh yaitu di Amerika Serikat pada tahun 1806.

 

1 Mei

Pada tanggal 1 Mei 1886, sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi beasar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja dari 20 jam menjadi 8 jam sehari. Akhirnya, tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia pada kongres 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions.

 

May Day di Indonesia

Di Indonesia, baru memperingati Hari buruh pada tahun 1920. Karena, para buruh di Indonesia sadar betul akan 'ketidakadilan' yang dirasakan oleh mereka. Jam kerja yang lama dan upah yang tidak sepantasnya. Kekhawatiran pemerintah bahwa gerakan massa buruh akan menimbulkan kerusuhan ternyata tidak terbukti.sejak peringatan May Day tahun 1996, tidak pernah ada tindakan merusak yang dilakukan oleh massa buruh yang masuk dalam kategori membahayakan ketertiban umum.

 

(atifa, foto: nasional.kompas.com/angga bhagya nugraha)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN