Anies Baswedan Kasih Bocoran Mengerjakan Ujian Nasional 2015

Published by : Natasha Erika Posted on : Senin, 13 April 2015

Anies Baswedan Kasih Bocoran Mengerjakan Ujian Nasional 2015

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan membocorkan kiat bagi pelajar SMA yang menghadapi ujian nasional (UN). Menurut Anies, para siswa harus bisa menghadapi UN dengan strategi yang tepat.

 

Baca juga: 4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris

 

Jangan terlalu belajar keras

"Kerja kerasnya harus dibatasi hingga H-1 aja," kata Anies, Kamis (9/4) lalu di Kemdikbud, Jakarta. Seperti sudah dikabarkan sebelumnya, jadwal UN 2015 untuk siswa sekolah menengah atas dan sederajat digelar pada 13-15 April 2015.

 

Paham inti materi pelajaran

Untuk itu, dengan keterbatasan waktu, Anies mengajak kelas XII untuk menggunakan sisa waktu dengan sebaik-baiknya, yakni mempelajari ulang inti materi pelajaran.

 

Hindari SKS!

"Jangan menggunakan sistem SKS alias sistem kebut semalam. Kalau begitu caranya, paginya nanti bisa kecapekan dan gagal mengerjakan ujian dengan baik karena mengantuk," ujarnya.


Tidur dan istirahat cukup

Saran Pak Menteri, teman-teman kelas XII bisa memanfaatkan juga waktu istirahat yang cukup sebelum hari H ujian. Mantan Rektor Universitas Paramadina ini menyarankan teman-teman untuk tidur selama 8 jam. "Biar keesokan paginya badan terasa lebih segar dan bisa mengerjakan soal dengan baik," lanjutnya.

 

Percaya pada diri sendiri

Satu lagi anjuran pak Anies, sebaiknya para siswa, orang tua, dan pihak sekolah tidak tergoda dengan bujukan pihak tertentu yang menjanjikan bocoran soal atau jawabannya. Sebab, praktek itu bakal mempengaruhi peluang kelulusan mereka dalam proses seleksi ke jenjang perguruan tinggi.

 

"Indeks integritas sekolah akan dikeluarkan bersamaan dengan hasil ujian nasional. Jadi, sekolah yang indeks integritasnya tinggi akan diuntungkan ketika anak didiknya mendaftar ke universitas. Sebaliknya, sekolah dengan indeks integritas rendah akan merugikan siswa sekolah tersebut," ujar Anies.

 

Baca juga: Ujian Nasional (UN) 2015 Bukan Penentu Kelulusan

 

Sebenarnya kenapa, sih, ada perubahan Ujian Nasional tahun ini? Ini dia jawabannya: Tujuan dan Perubahan Ujian Nasional (UN) 2015

 

(ali sobri/hai-online.com, foto: dany permana/tribunnews.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN