Aktif Melawan Banjir, Cewek Ini Sukses Ke Luar Negeri

Published by : Aisha Ria Ginanti Posted on : Jumat, 22 April 2016

Adeline Tiffanie Suwana. sumber: dok. pribadi

Gara-gara rumahnya di daerah Jakarta utara sering jadi korban banjir, cewek bernama Adeline Tiffanie Suwana ini tergugah untuk bikin gerakan pelestarian lingkungan yang kemudian dia namakan Sahabat Alam. Siapa sangka gara-gara  gerakan Sahabat Alam yang selalu peduli lingkungan dan aktif melawan banjir, cewek ini sukses ke luar negeri untuk menerima beberapa penghargaan internasional, lho.

 

Baca juga: 5 Rutinitas Kecantikan Yang Ramah Lingkungan

 

“Rumahku kena banjir sampai harus ngungsi. Aku penasaran, kenapa bisa sampai separah itu? Waktu itu isu global warming belum besar. Aku juga belum tahu karena belum diajarkan. Jadi aku browsing sendiri cari tahu apa penyebabnya,” cerita Adeline.

 

Dari situ Adeline yang masih berumur 12 tahun jadi tahu bahwa banjir besar di Jakarta saat itu disebabkan oleh kerusakan lingkungan akibat ulah manusia sendiri. Adeline pun mulai bergerak mengajak teman-teman di sekitar rumahnya untuk menjaga kebersihan lingkungan dari sampah, sampai menanam pohon bakau di kawasan pantai utara Jakarta melalui gerakan Sahabat Alam.

 

Sahabat Alam juga giat melakukan gerakan menanam pohon, membersihkan sampah di pantai, menanam terumbu karang dan lainnya. Mereka juga rajin mendatangi SD dan SMP untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan dan berbagi info tentang gerakan yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan.

 

Hingga sekarang Sahabat Alam sudah punya lebih dari 30 ribu member di seluruh Indonesia. “Bagi aku apa yang udah aku lakukan ini masih cetek, jadi penginnya bisa jangka panjang. Masih banyak yang ingin aku lakukan,” papar cewek yang hobi renang ini.

 

Baca juga: 6 Cara Mengurangi Penggunaan Plastik

 

 

author :

Aisha Ria Ginanti

Reporter di KaWanku sejak tahun 2012.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN