99 Cahaya di Langit Eropa (2013): Menjadi Agen Islam di Eropa

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 1 Desember 2013

99 Cahaya di Langit Eropa (2013): Menjadi Agen Islam di Eropa

Film yang menuai pujian dari Presiden SBY di gala premier nya ini harus masuk list film yang wajib ditonton, girls!

 

Film ini diadaptasi dari buku yang berjudul sama karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. 99 Cahaya di Langit Eropa menceritakan perjalanan pencarian sejarah islam yang ada di empat negara di Benua Eropa yaitu Vienna (Austria), Paris (Prancis), Cordoba (Spanyol) dan Istambul (Turki).

 

Hanum (Acha Septriasa) menemani suaminya, Rangga (Abimana Aryasatya) yang sedang kuliah S3 di Vienna, Austria. Untuk mengisi hari-harinya Hanum mengikuti kelas bahasa jerman. Di kelas ini dia bertemu dengan Fatma (Raline shah) seorang muslim dari Turki.

 

Awalnya Hanum sempat geram karena Fatma enggak melawan saat agamanya di ejek. Namun akhirnya Hanum semakin dibukakan mata hatinya terhadap kebijakan Fatma menghadapi diskriminasi itu. Fatma mengatakan bahwa dia enggak akan menunjukkan sikap yang buruk sebagai agen Islam, karena dia merasa bahwa dia sekarang adalah sebagai wajah islam yang dilihat oleh warga mayoritas di Austria.

 

Di sisi lain, Rangga dengan sabarnya mengahadapi cemoohan dari temannya yang memang enggak mengerti mengenai agama yang dianut Rangga. Belum lagi dia harus dilema dengan jadwal ujian yang bertepatan dengan jadwal nya beribadah di hari Jumat.

 

Sejarah Islam di Vienna dan Austria

Fatma akhirnya membawa Hanum untuk melihat tempat-tempat yang membawa sejarah islam di Austria. Hanum semakin dibuat penasaran dengan sejarah Islam di Eropa. Suatu hari dia berkesempatan melakukan perjalanan di Paris, saat Rangga mendapatkan tawaran menemani profesornya persentasi.

 

Hanum bertemu dengan Marion Latimer, seorang Muallaf  yang bekerja sebagai ilmuwan di Arab World Institute Paris. Marion lah yang memperkenalkan jejak-jejak sejarah Islam di Paris dan membuka mata Hanum bahwa Paris itu enggak cuma Eiffel.

 

Masih banyak hal-hal yang diajarkan di film ini untuk menghadapi ejekan dengan sikap yang bijak sampai akhirnya mereka bisa hidup saling toleransi. Belum lagi kita harus lihat saksi-saksi sejarah peradaban islam yang tersebar di Eropa. Yuk, Saksikan Part I-nya mulai 5 Desember 2013 di bioskop kesayangan kamu!

 

Pemeran: Abimana Aryastaya, Acha Septriasa, Raline Shah, Nino Fernandez, Alex Abbad, Marissa Nasution, Dewi Sandra, Geccha, Dian Pelangi, Fatin Shidqia

Sutradara: Guntur Sorharjanto

 

(ucil, foto: kaskus.co.id, indosinema.com, setengki.com, infosik.org)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN