8 Fakta Lucy, Spesies Yang Diyakini Leluhur Manusia

Published by : Natasha Erika Posted on : Selasa, 24 November 2015

8 Fakta Lucy, Spesies Yang Diyakini Leluhur Manusia

Kalau kita membuka laman Google hari ini, kita akan menemukan doodle evolusi manusia. Setiap tanggal 24 November diperingati sebagai hari penemuan Lucy. Google Doodle pun merayakan 41 tahun penemuan Lucy pada 2015 dengan gambar yang lucu. Siapakah dia? Lucy diyakini sebagai spesies yang jadi leluhur manusia. Untuk tahu lebih dalam, kita bisa kupas lewat 8 fakta ini, girls!

 

Baca juga: Misteri Bintang Sirius dan Sejarah Manusia

 

(foto: republika.co.id)

Google Doodle untuk merayakan 41 tahun penemuan Lucy.


Spesies yang mirip manusia

Temuan fosil ini merupakan spesies Australopithecus afarensis yang tinggal di Ethiopia 3,2 juta tahun yang lalu. Pertama ditemukan tahun 1973, penemuan Lucy ini sangat lengkap. Sekitar 40 persen kerangkanya ditemukan secara utuh. Temuan ini istimewa bukan hanya faktor kelengkapannya, namun rupanya ketika peneliti merilis temuan ini, Lucy adalah salah satu spesies yang belum diketahui sebelumnya. Dan... "Tiba-tiba temuan ini menjadi seseorang (seperti manusia)," ujar Donald Johanson, ahli palaeoantropologi, seperti dikutip di Republika.

 

'Lucy in the Sky with Diamonds'

Merdeka menceritakan hal unik tentang asal nama Lucy. Nama asli Lucy adalah fosil dengan kode AL 288-1. Nama 'Lucy' sendiri diberikan setelah terinspirasi dari lagu band rock legendaris Inggris, The Beatles, yakni Lucy in the Sky with Diamonds. Lagu ini disebut terus dimainkan hingga salah satu anggota paleoantropolog penemu AL 288-1 ini menyarankan untuk menyebut fosil tersebut dengan 'Lucy'.

 

Berjenis kelamin betina

Berdasarkan ciri-ciri spesies Australopithecus yang ditemukan di Hadar, perbedaan ukuran antara spesies jantan dan betina sangat jelas. Australopithecus jantan biasanya mempunyai ukuran tubuh dewasa yang cukup besar, sedangkan yang betina kecil. Oleh karena itu ilmuwan sepakat memasukkan Lucy ke golongan betina, seperti ditulis di Merdeka.

 

(foto: nationalgeographic.com)

Ilustrasi Lucy, spesies yang diyakini sebagai leluhur manusia.

 

Berjalan tegak

Dari artikel Solopos, kita bisa mendapatkan beberapa hal penting tentang Lucy. Salah satunya adalah berjalan tegak. Berbeda dengan spesies kera kebanyakan, Lucy memiliki keunikan tersendiri, yang salah satunya adalah cara berjalannya yang tegak sama persis seperti manusia, Lucy mampu berjalan dengan dengan kaki.

 

Meninggal Misterius

Kemudian, hingga saat ini, belum diketahui bagaimana Lucy meninggal, belum ada bukti kuat yang menunjukan bagaimana proses kematian Lucy Australopithecus sang Hominid tertua di dunia.


Dugaan meninggal karena dibunuh

Enggak ada banyak bukti apakah gigi di badan Lucy menandakan bahwa ia meninggal dengan cara dibunuh. Namun, ada satu tanda gigi dari karnivora di atas tulang kemaluan kirinya. Enggak diketahui apakah ini terjadi sebelum Lucy meninggal ataukah Lucy digigit saat meninggal di Ethiopia, lokasi ia ditemukan, begitu tulis Republika.

 

Baca juga: 9 Tokoh Dunia Yang Diawetkan Tubuhnya Setelah Meninggal

 

Bertubuh Pendek

Meski bisa berjalan tegak layaknya manusia, Spesies Lucy Australopithecus afarensis, namun ukuran mereka jauh lebih kecil daripada manusia. Tinggi badannya hanya 1.1m tinggi dan beratnya di 29 kg.

 

Kini disimpan di dekat tempatnya ditemukan

(foto: smh.com.au)

Tulang Lucy disimpan di museum tempat ia ditemukan.

Di artikel Merdeka kembali ditulis kalau kini Lucy disimpan dengan sangat hati-hati di Paleoanthropology Laboratories of the National Museum di Addis Ababa, Ethiopia. Di ruang pameran Lucy di museum itu sendiri yang dipakai adalah tulang palsu demi menghindari kerusakan 'Lucy' asli.

 

Baca juga: Penemuan Tengkorak Kuno Ini Bisa Mengubah Sejarah Manusia


Baca juga: 10 Ramalan Kiamat Dunia Yang Meleset

 

(foto: vigilantcitizen.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN