75 Jenis Wayang Punah

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 3 September 2013

75 Jenis Wayang Punah

Girls, sekitar 75 jenis wayang di Indonesia telah punah. Saat ini cuma tersisa 25 jenis wayang yang bertahan dengan jumlah komunitas dan penonton cukup banyak. Menurut Kompas.com, semestinya dengan diakuinya wayang sama UNESCO sebagai mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2003, wayang bisa lebih berkembang di tanah air. Kenyataannya enggak seperti itu.

 

Selain kurangnya perhatian dari pemerintah, perkembangan zaman juga mengakibatkan punahnya wayang di Indonesia. Kesenian tradisional jadi semakin ditinggalkan. Enggak heran, beberapa jenis wayang punah dan enggak bisa lagi ditonton masyarakat. Wayang suket, wayang klitik, wayang krucil, wayang gedog dan wayang beber kini sudah enggak bisa masyarakat Indonesia saksikan lagi.

 

Meskipun begitu, masih ada wayang yang sampai sekarang cukup eksis, lho. Beberapa di antaranya, ada wayang kulit purwa Jawa dengan berbagai gaya, baik Surakarta, Yogyakarta, Jawa Timuran, Banyumasan, Cirebonan, maupun Betawi. Begitu pula wayang golek Sunda, wayang Bali, dan wayang sasak Lombok yang masih banyak penggemarnya. Hmmm, kamu sendiri pernah menonton pertunjukan wayang enggak, girls?

 

(lana, foto: kompas.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN