6 Aksi Protes Para Siswi Tentang Larangan Memakai Baju Enggak Sopan ke Sekolah

Published by : Natasha Erika Posted on : Senin, 1 Juni 2015

6 Aksi Protes Para Siswi Tentang Larangan Memakai Baju Enggak Sopan ke Sekolah

Belakangan ini, beberapa sekolah menetapkan peraturan berbusana sopan bagi para siswinya. Ada juga beberapa sekolah yang memulangkan dan menghukum siswinya karena berpakaian enggak sopan. Para siswi yang enggak terima dengan keputusan tersebut melakukan aksi protes. Begini 6 aksi protes para siswi tentang larangan memakai baju enggak sopan ke sekolah.

 

Baca juga: Siswi Dipulangkan Sekolah Karena Pakai Baju Enggak Sopan

 

Kampanye crop top

Pada 25 Mei 2015, Alexi Halket dipulangkan dari sekolahnya, Toronto's Etobicoke School of the Arts,  karena ia memakai crop top di kelas. Merasa tersinggung, ia kemudian menggalang kampanye crop top keesokan harinya yang mengajak teman-teman cewek lain untuk memakai item fashion tersebut juga.

 

 

 

Menulis surat untuk wakil kepala sekolah

Lauren Wiggins dihukum karena menggunakan halter neck dress di sekolah. Pakaian tersebut dianggap enggak pantas dan enggak sopan oleh pihak sekolah sehingga ia dihukum. Ia kemudian menulis surat kepada wakil kepala sekolah Harrison Trimble High School yang ia unggah juga di Facebook.

 

 

Aksi unjuk rasa

Wuih... Walau masih kecil, cewek-cewek remaja dari Montclair High School udah melakukan aksi unjuk rasa, lho! Sekitar 100 siswi sekolah tersebut melakukan unjuk rasa dan membuat petisi online untuk peraturan berpakaian. Mereka diatur agar berpakaian layak dan lebih tertutup. Setelah berunjuk rasa dan berkampanye lewat tagar IAmNotMyDress di social media, pihak sekolah akhirnya menghilangkan beberapa kata dalam peraturan berpakaian mereka.

 

 

 

 

Petisi online

Enggak berbeda jauh dengan kasus di atas, Foothill High School di California, Amerika Serikat, membuat peraturan berpakaian yang enggak jelas menurut beberapa siswi. Sanam Nawim dan sepupunya yang berusia 24 tahun membuat petisi online di situs Change.

 


Postingan di Facebook

Masih ingat cerita Macy Edgerly yang dipulangkan sekolah gara-gara baju enggak sopan? Sang kakak kemudian mengunggah foto pakaian di Facebook sambil menulis status yang memprotes tindakan sekolah. Pakaian Macy saat itu bisa dibilang relatif wajar dan sopan. Makanya, Macy dan kakaknya pun bingung kenapa ia dipulangkan. Postingan foto itu menarik banyak perhatian dan di-share sebanyak lebih dari 90 ribu kali.

 

Today, my sister was sent home from school for wearing the clothes in the picture below. And I'm sorry but I have to...

Posted by Erica Alyse Edgerly on Thursday, April 2, 2015

 

 

Bermain kalimat kampanye

Enggak berbeda jauh dengan dua kasus di atas, para murid di St. John's Junior High School Beaconsfield ini juga menentang kode berbusana yang dibuat sekolah. Selain membuat petisi online, mereka juga menggunakan kalimat yang persuasif dan kritis. "I'm a 15 year old girl. If you are sexualizing me, YOU are the problem." Dalam petisi pun, mereka juga menulis: 'appearance is more important than our education.'

 

Baca juga: Kenapa Cewek Pintar Terlihat Seksi Di Mata Cowok

 

(foto: wampiryrzadza.blogspot.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN