5 Langkah Pakai Google Maps Tanpa Koneksi Internet!

Published by : Natasha Erika Posted on : Rabu, 11 November 2015

5 Langkah Pakai Google Maps Tanpa Koneksi Internet!

Kemampuan mengakses Google Maps tanpa koneksi internet alias offline sebenarnya sudah jadi wacana sejak pertengahan 2015 lalu. Kini, rencana tersebut sudah direalisasikan untuk beberapa pengguna, girls. Ini dia 5 langkah pakai Google Maps tanpa koneksi internet.

 

Sebelum mencoba, perhatikan dulu hal berikut ini. kalau kita melihat tiga kombinasi opsi "Save", "Share", dan "Download" saat membuka lokasi di Maps, maka aplikasi kita telah diperbarui alias sudah di-update dan bisa menggunakan fasilitas peta Google Maps secara offline.

 

Namun, jika kombinasi opsi masih terpaut pada "Call", "Save" dan "Website", artinya aplikasi belum diperbarui, atau pengguna harus memperbaruinya secara manual terlebih dulu.

 

Bagi pengguna yang sudah update aplikasi tersebut, berikut langkah-langkah memanfaatkan fitur akses offline pada Maps:

 

Baca juga: 5 Cara Membalas Chat Dari Mantan Pacar

 

 

Pertama, buka aplikasi Maps pada perangkat Android

Untuk sementara, baru pengguna Android yang bisa menjajal kemampuan offline Maps. Pengguna iOS dikatakan akan segera menyusul. Kita tunggu saja ya tanggal mainnya untuk iPhone. Tapi, mungkin kurang lebih langkah-langkahnya sama, girls. Jadi, kita bisa kepo dulu langkah-langkahnya.

 

Kedua, cari lokasi tujuan

Pada tahap ini pengguna masih harus terkoneksi internet. Kalau di rumah atau di kantor tersedia akses Wi-Fi, pengguna bisa lebih menghemat pemakaian data sebelum kemudian beranjak ke tempat sasaran.

 

Ketiga, unduh lokasi tujuan

Maps bakal memperlihatkan informasi estimasi waktu untuk mencapai tujuan. Adapula informasi cuaca, foto-foto, dan deskripsi tempat jika sudah tersedia.  Bersamaan dengan itu, terdapat juga tiga opsi yang telah disebutkan sebelumnya (Save, Share, Download). Pengguna cukup menekan pilihan "Download" untuk mengunduh lokasi.

 

Baca juga: 5 Aplikasi Android Buatan Orang Indonesia

 

Keempat, konfirmasi lokasi tujuan

Maps bakal menunjukkan rute lokasi dan memastikan kepada pengguna apakah rute tersebut yang ingin ditempuh. Kalau benar, pengguna cukup menekan layar untuk menyetujui perintah unduh.

 

Kelima, Maps akan mengunduh lokasi tujuan yang telah disepakati

Setelahnya, pengguna bisa beranjak menuju lokasi tersebut dengan informasi rute dari Maps tanpa harus mengaktifkan internet.

 

Kemampuan akses offline ini diharapkan dapat membantu pengguna memangkas pemakaian data dan sedikit banyak penggunaan baterai saat mengakses Maps di tengah jalan.

 

Untuk lebih lengkapnya, simak video berikut ini. Selamat mencoba!

 

 

Baca juga: 5 Aplikasi Yang Wajib Dihapus dari Android

 

(sumber: tekno.kompas.com, foto: tumblr.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN