5 Kegiatan Unik Masa Orientasi Peserta Didik di Indonesia

Published by : Natasha Erika Posted on : Selasa, 28 Juli 2015

5 Kegiatan Unik Masa Orientasi Peserta Didik di Indonesia

Masa orientasi peserta didik baru (MOPD) tahun ajaran 2015/2016 baru saja dimulai. Selain perkenalan terhadap dunia sekolah, pihak panitia biasa menggelar beberapa kegiatan yang menunjang kreativitas dan kebersamaan. Ini dia 5 kegiatan unik masa orientasi peserta didik di Indonesia untuk tahun ajaran 2015/2016.

 

Baca juga: 6 Tradisi Orientasi Sekolah di Indonesia dan Luar Negeri

 

Pelatihan ESQ

Dikutip dari Tribunnews.com, cara berbeda dilakukan SMAN 1 Banjarmasin, Kalimantan Selatan dalam menggelar MOPD. Mereka menggelar ESQ bagi 281 siswa baru. Kegiatan ini juga sesuai dengan tema ESQ yaitu Membentuk Generasi Emas Yang Berkarakter.

 

Absensi melalui Twitter

SMAN 4 Malang, Jawa Timur memanfaatkan social media untuk absen para siswa baru di sekolah tersebut. Ditulis dalam JPNN.com, seluruh siswa baru peserta MOPD diwajibkan melakukan absen melalui akun resmi Majelis Perwakilan Kelas (MPK), @mpkosisstetsa. Para siswa baru mengunggah foto dengan tulisan #MOPDB20152016 dan #antikekerasan di kertas karton.

 

Pengetahuan social media

Sementara di Bali tepatnya di SMAN 2 Denpasar, para siswa baru yang mengikuti MOPD dibekali dengan pengetahuan menjadi warga social media yang baik dan cerdas. Seperti dilaporkan Republika.co.id, Ketua OSIS SMAN 2 Denpasar, I Gusti Ayu Sintya Dewi Suteja mengatakan kalau generasi muda kurang bijak dalam memanfaatkan media sosial maka pihak sekolah memberi materi yang bisa memberi wawasan tentang menggunakan media sosial yang positif.

 

Tanam pohon

MOPD di SMPN 38 Medan sudah dilakukan sejak Kamis (23/7) lalu. Sebagai penutupan masa orientasi, para siswa baru diajak untuk peduli terhadap lingkungan dengan aksi penanaman pohon yang digelar pada Sabtu (25/7).

 

Hafal dua lagu nasional

SMAN 70 Jakarta mulai memberlakukan aturan baru yakni mewajibkan para siswa menyanyikan lagu-lagu nasional di kelas. Dikutip dari Kompas.com, pada hari pertama MOPD, para siswa baru menyanyikan lagu-lagu nasional sebelum materi diberikan dan saat akan pulang. Kegiatan ini akan jadi peraturan tetap SMAN 70 Jakarta guna memperkenalkan budaya dan lagu kebangsaan.

 

Baca juga: Kumpulan Meme Paling Kocak Tentang Masa Orientasi Peserta Didik

 

(foto: realitystars.wordpress.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN