5 Hal Tentang Perdebatan Video Iklan Pemutih Kulit Thailand Yang Heboh di Medsos

Published by : Natasha Erika Posted on : Senin, 11 Januari 2016

5 Hal Tentang Perdebatan Video Iklan Pemutih Kulit Thailand Yang Heboh di Medsos

Sebuah video komersial di Thailand mendapat kecaman karena dituding rasis. Publik menilai iklan tersebut merendahkan orang dengan kulit bewarna gelap. Slogan "White Makes You Winner" pun semakin membuat kondisi yang panas semakin parah.

 

Baca juga: Fakta Yang Perlu Kita Tahu Tentang Krim Pemutih Kulit dan Wajah

 

Awal adegan video

Iklan dari perusahaan kecantikan, Seoul Secret, berdurasi 50 detik ini menampilkan model sekaligus aktris, Chris Horwang (35). Awalnya iklan menampilkan Horwang yang berkulit putih, tiba-tiba kulitnya berubah menjadi semakin gelap. Lalu, ketika kulitnya menjadi sangat gelap karena efek make up, hadir seorang wanita dengan kulit putih.

 

 

Naskah video yang bikin heboh medsos

Selanjutnya, Horwang seperti  terlihat iri melihat wanita tersebut. "Jika aku berhenti merawat tubuhku dan kulit putihku, maka seluruh hal cerah yang telah aku investasikan hilang. Pendatang baru akan hadir menggantikanku dan aku berubah menjadi bintang yang gelap," ujar Horwang pada iklan Seoul Secret.

 

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk Remaja Yang Merusak Kulit Wajah

 

Merusak anggapan cantik

Iklan pun lantas menjadi heboh, terutama di media sosial, karena dinilai rasis dan merusak persepsi kecantikan. Banyak orang yang meminta pihak Seoul Sister untuk minta maaf secara terbuka pada pihak-pihak yang merasa dirugikan.

 

 

Tanggapan perusahaan kosmetik

Menanggapi kecaman dan respon negatif, Seoul Sister pun mengeluarkan pernyataan dan menjelaskan jalan cerita dari iklan komersial yang mereka tayangkan. "Perusahaan kami tidak memiliki maksud untuk menyebar pesan rasis atau diskriminasi. Kami ingin menunjukkan jika peningkatan pribadi dalam hal perilaku, penampilan, skill, dan profesionalitas sangat penting," tulis pernyataan dari Seoul Sister.

 

Iklan telah dicabut

Kini, video iklan tersebut telah dicabut oleh pihak perusahaan karena kontroversi yang timbul di social media.

 

 

Baca juga: 5 Tren Kecantikan yang Bahaya Buat Kesehatan

 

(sumber: female.kompas.com, foto: seoul secret)

 

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN