5 Fakta Penting SBMPTN 2015 Yang Harus Kita Tahu

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 11 Mei 2015

5 Fakta Penting SBMPTN 2015 Yang Harus Kita Tahu

Buat kita yang sebentar lagi mengunjak dunia kampus, ini dia 5 fakta penting SBMPTN 2015 yang harus kita tahu.

 

(Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Negeri Paling Diminati Peserta SNMPTN 2015)

 

99.223 kursi tersedia

Tersedia 99.223 kursi untuk jalur seleksi ujian tertulis atau dikenal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada tahun ini. Daya tampung perguruan tinggi negeri bagi lulusan SMA/SMK/MA/Paket C lulusan tahun 2013-2015 tersebut tersebar di 74 perguruan tinggi negeri.

 

Penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SBMPTN diwajibkan minimal 30 persen dari daya tampung. Khusus untuk PTN baru ditetapkan minimal 80 persen daya tampungnya dari SBMPTN.

 

Pendaftaran 11-29 Mei

Pendaftaran SBMPTN 2015 dilakukan secara daring yang dimulai pada 11-29 Mei. Untuk ujian tertulis pada 9 Juni, sementara ujian keterampilan 10-11 Juni.

 

Pengumuman 9 Juli

Pengumumannya akan bisa diakses pada 9 Juli.

 

(Baca juga: 6 Tips Memilih Jurusan Kuliah)

 

Biaya pendaftaran

Biaya pendaftaran SBMPTN ditetapkan satu harga, yakni Rp 100.000, baik untuk yang mengambil program sains teknologi atau sosial humaniora maupun campuran, termasuk yang harus ikut uji keterampilan, tidak ada biaya lagi. Pembayaran tidak hanya lewat Bank Mandiri, tetapi juga BNI.

 

SBMPTN computer based

Ketua Umum Panitia SBMPTN 2015 Rochmat Wahab menyebutkan, ada rencana untuk melaksanakan seleksi masuk PTN secara tertulis yang berbasis komputer (computer based test/CBT). Pelaksanaan SBMPTN CBT akan dilaksanakan secara terbatas sebagai uji coba pada 2016.

 

Persiapan SBMPTN CBT, kata Rochmat, sudah mulai dilakukan dengan membentuk tim yang digawangi Universitas Gadjah Mada yang akan menguji kondisi dan kesiapan infrastruktur serta Universitas Airlangga yang akan mengembangkan substansi tes CBT.

 

"Saat ini masih diinventarisasi dulu keragaman di tiap PT. Sekarang belum ada datanya, tetapi sudah direncanakan untuk tahun 2016 akan mulai diujicobakan," katanya.

 

(Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Yang Paling Banyak Dipilih)

 

 

(ester/kompas.com, foto: joyreactor.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN