5 Fakta Penemuan Puing Pesawat yang Diduga Bagian dari Malaysia Airlines MH370 (Bagian 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 31 Juli 2015

5 Fakta Penemuan Puing Pesawat yang Diduga Bagian dari Malaysia Airlines MH370 (Bagian 1)

Sepotong puing pesawat misterius terdampar di Pulau La Reunion yang masuk wilayah Perancis di Samudra Hindia, Rabu (29/7/2015). Obyek itu mendorong tim peneliti internasional memeriksa apakah puing tersebut merupakan bagian dari pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang tahun lalu dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Berikut 5 fakta penemuan puing pesawat yang diduga bagian dari Malaysia Airlines MH370.

 

(Baca juga: 4 Kecelakaan Pesawat Paling Tragis Selama 2014)

 

Diduga bagian sayap MH370

Puing sepanjang dua meter itu, yang tampak merupakan bagian dari sayap, ditemukan oleh orang-orang yang sedang membersihkan pantai. "Puing tersebut tertutup kerang sehingga orang akan mengatakan bahwa benda itu sudah lama berada di air," kata seorang saksi mata.

 

(foto: bbc.com)

 

Xavier Tytelman, ahli dalam keamanan penerbangan mencatat bahwa sejumlah foto di media lokal menunjukkan "kesamaan yang luar biasa antara flaperon (bagian sayap) sebuah #B777 dan puing yang ditemukan itu." Dia merujuk ke sebuah Boeing 777, jenis pesawat yang hilang itu.

 

(Baca juga: Saat-saat Penting Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines MH370)

 

Ditemukan lagi koper

(foto: gdnonline.com)

 

Sebuah bagian dari koper ditemukan di Pulau Reunion, Kamis (30/7/2015), tak jauh dari puing pesawat yang diduga merupakan bagian dari pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang.

 

"Potongan koper ini sudah ada di sini sejak Rabu (29/7/2015), tetapi tak ada orang yang memperhatikan," kata Johnny Begue, anggota kelompok pembersih lingkungan yang juga menemukan potongan logam yang kemungkinan adalah bagian dari sayap pesawat.

 

(Baca juga: Tiga Pesawat Malaysia Yang Kecelakaan di Tahun 2014)


Kemungkinan besar memang dari MH370

(foto: theguardian.com)

 

Serpihan pesawat yang tersapu ke Kepulauan La Reunion di Samudera India Selatan hampir pasti berasal dari Boeing 777, model pesawat yang sama dari pesawat MH370 milik Malaysia Airlines, kata Wakil Menteri Transportasi Malaysia.

"Hampir dipastikan itu merupakan bagian sayap dari pesawat Boeing 777. Demikian kata Kepala penyidik kami," kata Wakil Menteri Transportasi Abdul Aziz Kaprawi. (ABC/Reuters/AFP)

 

(Baca juga: 5 Fakta Penemuan Puing Pesawat yang Diduga Bagian dari Malaysia Airlines MH370 - Bagian 2)

 

(edigius, ervan/kompas.com, foto: says.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN