5 Fakta Menarik dari Film Filosofi Kopi

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 9 April 2015

5 Fakta Menarik dari Film Filosofi Kopi

Kumpulan cerita pendek karya Dewi Lestari, Filosofi Kopi, akhirnya diadaptasi menjadi sebuah film yang siap dirilis di bioskop mulai 9 April 2015. Beberapa bintang film terkenal seperti Chicco Jerikho, Rio Dewanto, dan Julie Estelle pun digaet untuk beradu peran. Nah, ada 5 fakta menarik lainnya nih dari film Filosofi Kopi yang ngebuat kita wajib nonton, girls!

 

(Baca juga: Manfaat Kopi Untuk Kecantikan)

 

Masyarakat umum ikut serta 'membuat film'

Ketika novel atau sebuah karya tulis diadaptasi menjadi sebuah film, enggak banyak pembaca yang kecewa karena hasilnya enggak sesuai dengan bayangan mereka. Nah, untuk mencegah hal itu, tim produksi Filosofi Kopi menyebarkan sebuah angket melalui media sosial dengan 5000 koresponden. Pemilihan bintang film, perwujudan kedai kopi, hingga pengisi musiknya dibuat sesuai suara terbanyak dari angket, lho!  "Bahkan hingga perwujudan warna mobil antik Jodi (salah satu tokoh dalam film) kita ikuti suara terbanyak," ujar sang sutradara, Angga Dwimas Sasongko.

 

Tahu jenis kopi sesuai karakter

Sesuai dengan judulnya, film ini mengangkat juga sisi filosofis dari sebuah kopi. Bukan cuma sekedar minuman, jenis yang beragam dari kopi bisa menggambarkan karakter dari peminumnya. Misalnya dalam film ini disebutkan kalau orang yang suka minum Capuccino merupakan orang yang suka kelembutan sekaligus keindahan, sehingga standar terhadap sesuatunya tinggi. Selain itu, digambarkan juga kalau orang yang suka minum kopi tubruk adalah orang yang simpel, tapi memikat. Wah, kalau kamu termasuk penggila kopi apa nih, girls?

 

(Baca juga: Tebak Karakter si Dia Dari Kopi Kesukaannya)

 

Film terbaik dari adaptasi Karya Dewi Lestari

Beberapa karya tulis dari Dewi 'Dee' Lestari telah diadaptasi dalam bentuk film, di antaranya adalah Perahu Kertas, Madre, dan Supernova. Walau begitu, film adaptasi cerita pendek Filosofi Kopi ini rupanya cukup spesial di mata Dee. Kalau biasanya film yang diadaptasi dari novel banyak dipotong dari cerita aslinya, cerita pendek Filosofi Kopi malah mengalami pengembangan cerita. Enggak heran kalau banyak tokoh-tokoh yang tiba-tiba muncul. Walaupun banyak mengalami pengembangan cerita, Dee mengaku sangat puas dengan hasilnya. "Sejauh ini, ini film adaptasi dari novel saya yang paling saya suka," ujar Dee.

 

Kedai Kopi di film = dibuat nyata!

Kedai kopi keren yang banyak menjadi tempat pengambilan gambar ternyata dibuat baru khusus untuk film ini. Tim produksi bahkan hingga menyewa arsitek untuk membuat desain furnitur yang kece. Ada hal yang lebih penting lagi, ternyata kedai kopi yang berlokasi di Melawai, Jakarta Selatan ini  akan dibuka untuk umum! Wah, bisa ngopi sekaligus foto-foto di lokasi shooting-nya nih!

 

(Baca juga: Kopi dengan Cita Rasa Sayuran)

 

Soundtrack yang adem

Film dan musik memang dua hal yang enggak bisa terpisahkan, termasuk dalam film Filosofi Kopi. Sepanjang film kita akan mendengar lagu-lagu dengan musik yang lembut dan adem untuk didengar. Penataan musiknya diatur langsung oleh salah satu musisi terkenal Indonesia, Glenn Fredly dengan melibatkan banyak musisi berbakat di antaranya Maliq & d'Essentials, Gilbert Pohan, Sidepony, dan SVARNA. Enggak sampai situ aja, pada tanggal 13 April 2015 mendatang akan diadakan Konser Filosofi Kopi di Rolling Stone Café, Jakarta. Mau dateng? Syaratnya gampang! Kita tinggal bawa potongan tiket Filosofi Kopi di bioskop dan kita bisa masuk dengan gratis, deh.

 

Lihat trailer-nya di sini:

 

(Baca juga: Kopi Termahal di Dunia)

 

(foto: @filkopmovie)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN