5 Fakta Desainer Indonesia Yang Membuat Jaket Gambar Uang Rupiah dan Petai Seperti Dipakai Joe Jonas

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 27 Januari 2016

5 Fakta Desainer Indonesia Yang Membuat Jaket Gambar Uang Rupiah dan Petai Seperti Dipakai Joe Jonas

Belum lama ini, dunia maya diramaikan dengan, enggak hanya Chitato rasa Indomie Goreng, tapi juga Joe Jonas memakai jaket gambar uang rupiah, petai dan mie ayam! Mantan pacar Gigi Hadid ini terlihat mengenakan jaket tersebut ketika menghadiri Kari Feinstein's Style Lounge di Park City, Utah, pada Sabtu (23/1/2016) waktu setempat. Pastinya banyak yang bertanya-tanya siapa desainer yang membuat jaket tersebut bukan? Dan, rasa penasaran kita terjawab sudah. Jaket tersebut dibuat oleh desainer Indonesia bernama Sherly Hartono! Ini dia 5 fakta Sherly Hartono, desainer Indonesia yang membuat jaket gambar uang rupiah dan petai seperti dipakai Joe Jonas.

 

Baca juga: Reaksi Netizen Melihat Joe Jonas Memakai Jaket Motif Uang Rupiah, Petai dan Mie Ayam

 

 

Dibuat oleh Sherly Hartono

Foto Joe Jonas mengenakan jaket bergambar uang rupiah, petai dan mie ayam sangat heboh dibicarakan dalam negeri. Sempat beredar kabar kalau jaket yang dipakai Joe tersebut adalah buatan Kenzo. Namun, enggak lama, kakak Sherly Hartono, Andrew, mengabarkan di akun Instagram-nya kalau itu adalah buatan adiknya.

 

Sherly Hartono adalah desainer cewek asal Indonesia yang membuat label Hartono. Salah satu koleksi yang dibuatnya adalah jaket yang dipakai Joe Jonas tersebut. Sherly kuliah di jurusan Fashion Design di Central Saint Martins, Inggris.

 

Salah satu koleksi Sherly Hartono untuk Autumn/Winter 2015 adalah jaket yang dipakai Joe Jonas!

 

Koleksi lain yang didesain Sherly Hartono.

 

Diharapkan jadi dokter atau pengacara

Sherly pindah ke Inggris sejak berusia 12 tahun dan ia diharapkan menjadi seorang dokter atau pengacara, seperti kebanyakan orang Indonesia keturunan Tiongkok. Tetapi, ia mulai menumbuhkan kecintaan terhadap dunia fashion. Ia kemudian mendaftarkan diri untuk mendalami desain fashion di Central Saint Martins.

 

Gimana tanggapan orang tuanya mengetahui cita-citanya tersebut? Kepada Manual.co.id, ia bercerita, "Ibu saya lebih memilih saya menikah. Hal yang normal dilakukan orang. Ayah saya berharap saya bisa jadi orang yang cool," ucapnya sambil tertawa. "Ia selalu berkata bahwa tidak apa-apa kalau kita tidak banyak uang tapi yang penting kita harus cool."

 

 

Berawal dari cara pakaian 'abang-abang'

Di artikel Harper's Bazaar Indonesia, Sherly cerita kalau ia membutuhkan waktu yang lama untuk mencari karakter pada koleksinya. Diawali dengan ketertarikannya pada cara berpakaian 'abang-abang', Sherly memilih dan melahirkan gaya tahun 90-an pada setiap produknya. Menurutnya, warteg dan angkutan umum merupakan inspirasi terbesarnya dalam mewujudkan karya-karyanya.

 

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Yang Cocok Buat Pecinta Fashion

 

(foto: dok. Sherly Hartono via Harper's Bazaar)

 

Ini dia Sherly Hartono, desainer Indonesia yang membuat jaket gambar petai, mie ayam dan uang rupiah seperti dipakai Joe Jonas.

 

Awalnya, tidak tahu seni dan fashion

Seperti yang diungkapkan di atas, enggak dalam waktu cepat Sherly mendapat inspirasi karakter koleksi fashion-nya. Ia cerita kepada Manual kalau awalnya cukup sulit bagi dirinya yang kurang benar-benar tahu tentang seni dan fashion. "Karena anak-anak di London tumbuh dikelilingi oleh fashion, seni dan museum. Mereka tahu apa itu pergerakan seni seperti surealisme dari usia muda di mana saat itu aku bahkan tidak tahu siapa itu Pablo Picasso." Dan... Begitu pula dengan ikon seni dan musik, mendiang David Bowie.

 

Tapi, rintangan tersebut justru jadi motivasi dirinya untuk berkreasi. Ia pun memutuskan untuk fokus pada hal-hal yang ada di sekitarnya di Jakarta. "Aku akhirnya beralih ke lingkungan sekitarku di Jakarta dan kebanyakan melihat mereka, abang-abang yang acuh tak acuh, di jalanan."

 

Terkenal di Amerika Serikat

Lebih lanjut ditulis di Harper's Bazaar Indonesia, setelah merilis koleksi menswear, dalam sekejap, Sherly Hartono berhasil memikat buyer Opening Ceremony, yakni salah satu e-commerce terkemuka di Amerika.

 

Kepada Manual, Sherly mengungkapkan, "Aku sangat tersanjung sampai saat ini. Hal ini sesuatu yang berharga buatku. Saya terkejut ternyata mereka memahami apa yang saya lakukan. Mereka paham cerita apa yang hendak saya sampaikan."

 

Baca juga: 5 Orang Indonesia Yang Berprestasi di Dunia Hiburan Hollywood

 

(sumber: manual.co.id, harperbazaar.co.id, foto: hartono.info)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN