5 Alasan Kita Ikut Pemilu 2014

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 7 April 2014

5 Alasan Kita Ikut Pemilu 2014

Sebagian dari kita ada yang akhirnya punya kesempatan istimewa untuk ikutan memilih di pemilu 2014 nanti. Tapi, sebenarnya kenapa sih kita sebaiknya ikutan memilih?

 

Di Indonesia, warga negara yang sudah berumur 17 tahun mendapatkan hak untuk memilih siapa yang akan mengelola negara ini. Dan di tahun 2014 ini, ada sebagian dari kita yang punya kesempatan untuk bisa ikut memilih untuk pertama kalinya. Namun sayangnya masih ada yang ragu-ragu apakah akan ikut berpartisipasi atau enggak. Ada juga sebagian yang yakin banget enggak akan memilih, entah karena ketidaktahuan akan calon-calon yang ditawarkan atau karena sikap apatis dengan kondisi negara ini. Sebelum pemilu tiba bulan April nanti, baca dulu alasan-alasan kenapa sebaiknya kita menggunakan hak pilih kita nanti.

 

Mengungkapkan pendapat  secara tidak langsung

Ketika kita memutuskan untuk ikut memilih, artinya kita sedang menggunkaan hak untuk menyuarakan pendapat dan keinginan kita tentang hal-hal yang terjadi dalam hidup kita, dari soal sekolah, transportasi umum, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Makanya, sesuaikan pilihan kita nanti dengan keinginan-keinginan kita. Carilah calon-calon pemimpin yang setidaknya satu pemikiran dengan kita.

 

Hasil pemilu untuk kaum muda

Kaum muda adalah pihak yang merasakan akibat terbesar dari pemilu di masa depan. Kenapa? Karena masa hidup kita lebih panjang dibanding kaum yang lebih tua. Kitalah yang akan menjalani konsekuensi hasil dari pemilu, lebih lama dari orang lain. Jadi, kalau sampai kita yang sudah punya hak pilih enggak berpartisipasi, jangan salahkan kalau hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan dan inginkan untuk masa depan kita.

 

Menjaga tetap optimis

Kadang berbagai kejadian di negara kita memang membuat kita untuk menjadi pesimis dan apatis. Yang sering kita lakukan justru mengkritik setiap ada hal yang kurang memuaskan terjadi di sekitar. Nah, dengan hak pilih pemilu di tangan kita, kita punya kesempatan untuk mengubah hal-hal yang sering kita kritisi tadi. Memang tidak ada jaminan pilihan kita akan menang, tapi setidaknya kita memilih untuk menjadi orang-orang optimis yang selalu punya harapan. Hope keeps us going, right?  

 

Suara kita adalah perwakilan anak muda lainnya

Kalau kita sudah punya hak pilih pada pemilu 2014 nanti, berarti kita termasuk beruntung, girls. Banyak anak muda lainnya yang ingin ikutan memilih tapi belum bisa karena belum cukup umur. Selagi bisa, kita bisa mewakili keinginan anak muda yang lain untuk mencoba melakukan perubahan lebih awal sampai tiba waktunya mereka memilih nanti.

 

Tidak ada yang sempurna

Setelah mengetahui calon-calon yang ada, mungkin kita merasa tidak merasa punya calon yang cocok untuk kita percayai sebagai wakil rakyat atau pemimpin. Well, yang bisa kita lakukan setidaknya adalah memilih calon yang terdekat dengan kriteria ideal kita.

 

Masih belum yakin? Tokoh-tokoh seperti Ahok, Alanda Kariza, Ridwan Kamil, Pandji dan Najwa Shihab berbagi ide tentang kenapa sebaiknya kita memilih saat pemilu nanti. Simak, yuk, apa kata mereka!

 

(audrey/marti, foto: Kompas/Iwan Setiyawan)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN