4 Penjelasan Kenapa Jangan Ubah Tanggal iPhone Jadi 1 Januari 1970

Published by : Natasha Erika Posted on : Selasa, 16 Februari 2016

Awas, jangan ubah tanggal di iPhone kita jadi seperti ini. | (foto: pixabay.com)

Jangan sekali-kali mengubah tanggal di perangkat iOS, baik itu iPhone, iPad, maupun iPod Touch, menjadi "masa lalu", tepatnya pada 1 Januari 1970. Kalau kita nekat mencobanya, perangkat mobile itu bisa langsung rusak. Ini dia 4 penjelasan kenapa jangan ubah tanggal perangkat iOS jadi 1 Januari 1970.

 

Baca juga: Awas, Jangan Buka Link Ini di Smartphone!

 

Hanya akan menampilkan logo Apple

Masalah itu disebabkan adanya bug pada pengaturan tanggal iOS. Sejumlah pengguna melaporkan pemicunya adalah mengubah tanggal menjadi 1 Januari 1970 dan melakukan restart. Setelah restart, perangkat genggam akan hang, hanya menampilkan logo Apple dan tidak bisa melakukan boot ke sistem operasi.

 

Akan terjadi berulang

Parahnya, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Sydney Morning Herald, Senin (15/2/2016), kondisi tersebut akan tetap berulang meski pengguna sudah me-reset atau mengganti firmware dalam perangkat genggamnya.

 

Tipe perangkat iOS

Bug tersebut hanya terjadi pada perangkat genggam yang menggunakan chipset 64-bit. Artinya, ini cuma menimpa iPhone 5S, iPad Air, iPad Mini, iPod Touch 2015, dan yang lebih baru.

 

Baca juga: Ini Dia 12 Produk Apple Yang Enggak Eksis (Bagian 1)

 

Kenapa terjadi kerusakan?

Belum jelas apa yang menyebabkan bug tersebut. Namun, ada dugaan bahwa bug terjadi karena 1 Januari 1970 adalah hari pertama dalam sistem pengaturan waktu platform Unix yang menjadi basis sistem operasi iOS.

 

Sistem Unix melacak pergerakan waktu berdasarkan detik-detik yang berlalu setelah hari pertama itu.

 

Sementara itu, pengaturan tanggal ke 1 Januari 1970 sama saja membuat patokan waktu dalam perangkat kembali ke angka nol. Entah mengapa ini menjadi masalah serius di gadget Apple.

 

Baca juga: 10 Cara Agar iPhone 'Lemot' Bisa Cepat Lagi

 

(sumber: oik yusuf/tekno.kompas.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN