30 Besar Universitas Dengan Situs Terbaik di Indonesia Untuk 2016

Published by : Natasha Erika Posted on : Senin, 1 Februari 2016

30 Besar Universitas Dengan Situs Terbaik di Indonesia Untuk 2016

Girls, di jaman teknologi seperti sekarang, penting banget yang namanya akses secara digital. Termasuk dalam urusan perkuliahan seperti mengatur jadwal perkuliahan, mengunggah tugas kuliah, melihat bahan atau materi ujian dan sebagainya. Nah, Webometrics Ranking of World Universities 2016 belum lama ini merilis peringkat universitas dengan situs terbaik di dunia untuk 2016. Selain itu, Webometrics juga merilis peringkat universitas berdasarkan tiap-tiap negara termasuk Indonesia. Ini dia 30 besar universitas dengan basis situs terbaik di Indonesia untuk 2016.

 

Baca juga: 6 Cara Sukses Masuk Universitas Indonesia Lewat SBMPTN

 

Universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics 2016

Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi dengan situs terbaik berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016. Prestasi ini sekaligus menjadikan UI mengungguli Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga. Sementara itu, untuk level Asia Tenggara dan dunia, menurut Webometrics, UI meraih tempat ke-13 dan ke-758.

 

Sementara itu, di urutan keempat dan kelima ada Universitas Diponegoro dan Universitas Riau. Enggak hanya universitas negeri saja, ada pula beberapa universitas swasta yang masuk dalam daftar ini antara lain Universitas Kristen Petra, Universitas Mercu Buana, Universitas Trisakti dan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.


Baca juga: 5 Keuntungan Kuliah di Universitas Swasta

 

Apa itu universitas dengan situs terbaik?

Webometric Ranking of World Universities adalah sistem perankingan Universitas di dunia berbasis internet. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 21 ribu situs perguruan tinggi di dunia. Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi situs, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. Webometric Ranking of World Universities mempunyai 4 faktor penilaian antara lain:

 

- Presence merupakan jumlah halaman situs yang terekam pada search engine (Google).

- Impact merupakan jumlah link dari situs luar yang diterima oleh domain web perguruan tinggi tersebut yang terekam search engine (Google).

- Openness merupakan jumlah file dokumen (Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, dan sebagainya) yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine (Google Scholar).

- Excellence merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya akademisi yang terindeks di Google Scholar.

 

Baca juga: Ini Dia Jurusan Kuliah dan Universitas Para Seleb Cewek

 

Ini dia daftar 30 besar universitas dengan situs terbaik di Indonesia untuk 2016.

 

 

Baca juga: 7 Maskot Universitas Teraneh

 

(foto: ui.ac.id)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN