3 Nafas Likas: Tiga Kehidupan Seorang Perempuan Karo

Published by : Marti Posted on : Kamis, 2 Oktober 2014

3 Nafas Likas: Tiga Kehidupan Seorang Perempuan Karo

Ada film baru yang wajib banget buat ditonton. Judulnya 3 Nafas Likas. Film yang diangkat dari cerita nyata ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Likas Tarigan, istri dari Djamin Gintings, seorang pahlawan Indonesia.

 

Film ini menceritakan periode kehidupan Likas mulai tahun 1930-an sampai 2000. Ada banyak peristiwa penting di Indonesia yang turut mewarnai film ini, seperti perang kemerdekaan, pergolakan revolusi di era 1960-an, dan kehidupan ekonomi Indonesia. Film ini menyoroti tiga janji Likas kepada tiga orang penting dalam hidupnya, yaitu kakak, bapak, dan suami yang melandasi perjuangannya dan menjadi tiga titik utama kehidupannya.

 

Bertemu Likas Asli

Senangnya ketika kantor kaWanku didatangi oleh pemain film 3 Nafas Likas. Ada Vino G Bastian (sebagai Djamin Gintings), Atiqah Hasiholan (sebagai Likas), Mario Irwinsyah (sebagai Mulia), dan Tissa Biani (sebagai Likas kecil). Mereka pun dengan senang hati berbagi keseruan selama syuting.

 

Hal yang paling enggak bisa dilupakan oleh Atiqah dan Tissa adalah bertemu dengan sosok Likas Tarigan yang sebenarnya. Yup, Likas yang saat ini sudah berusia 90 tahun memberi banyak masukan kepada dua aktris ini. "Beliau benar-benar cerita tentang detail kehidupannya. Bertemu dengan beliau adalah pelajaran berharga buat aku," jelas Atiqah.

 

Beda lagi dengan Tissa. Awalnya aktris cilik ini sempat takut, lho, memerankan sosok Likas. "Aku khawatir enggak bisa memerankan beliau, gimana cara jalannya, cara ngomongnya, dan lain-lain. beruntung bisa bertemu jadi aku bisa melihat gimana dia yang sebenarnya. Aku jadi termotivasi untuk bisa memerankan ibu Likas ini," jelasnya.

 

Serunya lagi, semua pemain belajar bahasa Karo, lho, untuk kebutuhan film ini. karena syuting di Karo, mereka pun berinteraksi langsung dengan warga lokal untuk mempermudah belajar bahasa.

 

Mengenal Pahlawan Indonesia

Menurut Vino, selama ini banyak yang enggak mengenal sosok Djamin Gintings. "Djamin Gintings ini salah satu pahlawan yang sangat berjasa bagi Indonesia. Tapi banyak yang enggak tahu dia siapa. Makanya aku banyak riset tentang beliau meski bahannya sangat sulit. Bahkan keluarganya aja kurang tahu karena dulu mereka hidup di pengungsian. Jadi, selain menggambarkan sisi perjuangan Djamin Gintings, film ini juga menceritakan keluarga beliau," jelas Vino.

 

Film ini sudah tayang sejak bulan September 2014. Jangan sampai ketinggalan ya, girls.

 

(iif. foto: Mancil)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN