3 Fakta Google Doodle Wilbur Scoville Yang Menampilkan Berbagai Jenis Cabai

Published by : Natasha Erika Posted on : Jumat, 22 Januari 2016

3 Fakta Google Doodle Wilbur Scoville Yang Menampilkan Berbagai Jenis Cabai

Google Doodle hari ini yaitu Jumat (22/1/2016) menampilan ilustrasi berbagai jenis cabai dan seorang pria bernama Wilbur Scoville. Kenapa cabai? Ternyata hal ini terkait dengan Scoville, pria yang diilustrasikan sedang berada di antara cabai-cabai tersebut. Hari ini, Jumat adalah ulang tahunnya yang ke 151.

 

Baca juga: Berubah-ubah, Kapan Ulang Tahun Google Sebenarnya?

 

Skala mengukur tingkat kepedasan cabai

Pantauan KompasTekno, Scoville bukan pria biasa dan ilustrasi cabai tersebut memang sangat lekat menggambarkan pencapaiannya semasa hidup. Pria kelahiran 22 Januari 1865 itu adalah ahli farmasi yang menciptakan uji organoleptik Scoville, saat ini disebut sebagai skala Scoville, untuk mengukur tingkat kepedasan cabai. Ukuran tersebut distandarkan dalam satuan Scoville Heat Units (SHU).

 

Baca juga: Kuis Seru Dari Google di Hari Bumi: Which Animal Are You?

 

Game eksperimen tingkat kepedasan cabai

Coba klik Google Doodle tersebut, kita akan dibawa ke sebuah permainan yang mengilustrasikan tingkat kepedasan berbagai cabai di seluruh dunia. Cabai dihadapkan dengan es krim manis, mirip seperti tes aslinya yang membutuhkan larutan gula untuk mengukur seberapa banyak kandungan capsinoid atau pemicu rasa pedas pada cabai.

 

 

 

Pengetahuan baru tentang cabai

Lalu dalam permainan Google Doodle tersebut, kita akan berperan sebagai es krim yang harus membekukan rasa pedas pada cabai. Mulai dari paprika yang enggak pedas sama sekali atau 0 SHU, hingga Trinidad moruga scorpion yang pedasnya bisa mencapai 2.000.000 SHU!

 

 

Baca juga: 7 Masakan Asia Paling Terkenal

 

(sumber: reza wahyudi/tekno.kompas.com, foto: google.com)

 

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN