15 Ramalan Bill Gates Pada 1999 Yang Sekarang Jadi Kenyataan (Bagian 2)

Published by : Natasha Erika Posted on : Rabu, 9 September 2015

15 Ramalan Bill Gates Pada 1999 Yang Sekarang Jadi Kenyataan (Bagian 2)

Tahun 1999, Bill Gates menulis buku berjudul ''Business @ the Speed of Thought''. Di dalamnya ada 15 prediksi Gates ihwal perkembangan teknologi masa depan. Kala itu, wacana Gates terdengar tak mungkin. Kini, 16 tahun setelah buku tersebut ditelurkan, prediksi Gates benar-benar jadi nyata. Berikut 15 ramalan Gates yang dimaksud.

 

Baca juga: 10 Hal Seru yang Hilang Karena Teknologi

 

Iklan pintar

"Perangkat akan tahu kebiasaan pengguna. Dari situ, bakal tertampil iklan yang sesuai dengan preferensi pengguna,'' kata Gates. Saat ini, hampir semua iklan daring memiliki fitur demikian.

 

Tautan ke situs selama siaran televisi berlangsung

Gates sudah mengetahui gelagat perilaku penonton pertandingan bola. Saat ini, hampir semua siaran pertandingan olahraga menyematkan tautan Twitter komentator atau tim bola yang bermain. Ini agar penonton bisa mencari tahu informasi lebih dalam terkait tim idolanya.

 

Ruang diskusi daring

(foto: kenh14.vn)

Kini, semua situs berita di internet memiliki kolom komen yang memungkinkan pembaca memberi respon atas berita. Dari situ, pembaca dan penulis berita dapat berdiskusi dan tukar pendapat. Ini adalah gambaran yang sudah terkonstruksi di pikiran Gates sejak 1999.

 

Situs daring yang berbasi hobi

"Komunitas online tak akan terbentuk berdasarkan lokasi, namun ketertarikan,'' kata Gates. Bisa kita lihat, nyatanya kebanyakan situs dan komunitas online fokus pada satu topik. Mereka menyasar jenis pasar dengan hobi tertentu.

 

Aplikasi untuk manajemen proyek

Gates memperkirakan bahwa aplikasi yang mengakomodir sistem kerja suatu tim bakal terwujud di era teknologi yang mumpuni. Hari ini, melalui Google Drive dan Office 365, kerja tim bisa lebih mudah dengan sistem yang efektif.

 

Rekrutmen lewat internet

(foto: dribbble.com)

Kemunculan LinkedIn telah jauh hari diprediksi Gates. Perekrut tinggal mencari kriteria pekerja yang diharapkan lewat LinkedIn, dan bakal ketemulah dua pihak berkepentingan. Yakni pencari kerja dan pemberi kerja.

 

Aplikasi komunitas bisnis

Kerjasama bisnis antar perusahaan dapat didiskusikan dengan cara yang modern dan tak konvensional. Melalui berbagai aplikasi enterprise, pengusaha dapat saling berbincang dan akhirnya dapat menjalin kemitraan untuk proyek besar. Hal ini, pada 1999 sudah tertuang di ''kitab'' ramalan Gates.

 

Baca lebih lanjut: 15 Ramalan Bill Gates Pada 1999 Yang Sekarang Jadi Kenyataan! (Bagian 1)

 

(sumber: tekno.kompas.com, foto: news.livedoor.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN