12 Menit: Film Penuh Motivasi dan Perjuangan

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 23 Januari 2014

12 Menit: Film Penuh Motivasi dan Perjuangan

Biasanya film yang menggugah motivasi dan perjuangan enggak jauh-jauh dari olah raga. Tapi sebenarnya perjuangan itu berlaku di bidang apa aja, termasuk marching band. Bermula dari pengalaman, Regina Septapi, produser film 12 Menit, menonton GPMB (Grand Prix Marching Band) tahun 2011, dia tergugah melihat semangat para peserta marching band ini. Muncul ide untuk membuat film soal marching band. Setelah mencari ke beberapa kelompok marching band, akhirnya bertemu dengan Marching Band Bontang Pupuk Kaltim (MBBPKP). 

 

Mengambil lokasi di Bontang, film 12 Menit ini mau menggambarkan perjuangan para anggota marching band mempersiapkan diri untuk bertanding di Jakarta. Film ini menggunakan seluruh pemain pendukung dari anggota MBBPKP. Kalau dalam film kita melihat mereka tampil dan berlatih, ya itu mereka serius latihan dan tampil. "Saya kagum banget melihat mereka. Saat kita take sampai 50 kali, ya mereka juga main terus sampai 50 kali enggak ada capek-capeknya," puji Didi Petet, yang berperan sebagai kakeknya Tara, pada acara konferensi pers film ini di Jakarta, Kamis (23/1).

 

Anggota marching band beneran

Dalam film ini ada dua pemain asli MBBPKP, lho. Mereka adalah Arum Sekarwangi yang berperan sebagai Tara dan Hudri yang berperan sebagai Lahan. Bersama teman-teman dalam MBBPKP, Arum dan Hudri ikutan casting dan terpilih. Sejak SD, Arum udah suka dengan aktivitas ini. "Waktu SD aku gabung dengan drumband di sekolah. Terus lanjut ke MBBPKP. Aku udah pernah ikut GPMB dua kali," jelas Arum yang sekarang kuliah di UMG. Seperti juga Tara, tokoh yang dimainkannya, Arum memegang posisi snare drum.

 

Hudri yang dalam film ini berperan sebagai Lahan, aslinya adalah seorang pelatih. Boleh dibilang seluruh kehidupan Hudri dihabiskan di untuk marching band. "Aku ikutan marching band udah lama, terus jadi pelatih. Dan bisa dibilang maching band itu udah jadi mata pencarian aku," ucapnya.

 

Dan satu-satunya pemain yang masih asing dengan marching band adalah Amanda Sutanto. Pemeran Elaine ini juga baru satu kali main film. 12 Menit merupakan film pertamanya. "Aku ditawarin ikutan casting waktu lagi les musik. Aku enggak tahu sama sekali soal marching band dan cuma dapat pelatihan dasar aja," cerita Amanda yang berlatih selama tiga bulan untuk mendalami perannya ini.

 

Mau baca sneak preview film 12 Menit? Klik di sini.

 

(muti)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN