12 Fakta Kabut Asap di Sumatera dan Sekitarnya (Bagian 2)

Published by : Natasha Erika Posted on : Kamis, 8 Oktober 2015

12 Fakta Kabut Asap di Sumatera dan Sekitarnya (Bagian 2)

Girls, kalau kita perhatikan berita atau mungkin ngecek timeline di social media, kabut asap di Sumatera Selatan dan Riau lagi ramai dibicarakan. Bahkan, enggak sedikit kita melihat gerakan social media untuk melawan asap akibat kebakaran hutan di Indonesia. Kabut asap telah menyelimuti enggak hanya di dua daerah tersebut tapi juga wilayah Pulau Sumatera, Kalimantan dan sebagian wilayah Singapura dan Malaysia. Ada 12 fakta kabut asap di Sumatera Selatan.

 

Baca juga: 12 Fakta di Balik 12 Mei 1998 Yang Wajib Diketahui Remaja

 

7. Kisah para pelajar yang enggak bisa mengikuti pelajaran sekolah

Salah satu cerita teman kita yang terkena kabut asap, Audina (18), siswi kelas XII SMA Perguruan Witama, Pekanbaru, Riau, dan rekan-rekannya di kota itu seharusnya mendapat bimbingan khusus dari guru menjelang ujian akhir sekolah pada Senin (17/3). Namun, kabut asap pekat memaksa mereka harus libur, seperti diceritakan di Kompas.com.

 

8. Hujan belum bisa mengurangi kabut asap

Situs Republika melaporkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping di Padangpariaman, Sumatera Barat menyampaikan hujan yang mengguyur Kota Padang pada Rabu (7/10) enggak mengurangi kabut asap yang menyelimuti kota itu.

 

(foto: tempo.co)

Pengendara melintas di jalan yang dipenuhi asap kebakaran hutan dan lahan di Pekanbaru, Riau, 30 September 2015.

 

9. Bisa membunuh 100 ribu jiwa

Greenpeace menyampaikan kalau jika bencana ini enggak segera ditangani dengan tegas, maka dapat menyebabkan kematian lebihd ari 100 ribu orang di wilayah tersebut. Selain itu, Kabut asap dan kebakaran hutan dapat memicu pemanasan global dan kerusakan lingkungan.

 

Baca juga: 5 Fakta Kepler-452b, Planet Yang Paling Mirip Dengan Bumi

 

10. 'Hutan lebih banyak dibakar'

Kita tahu bahwa penyebab kabut asap adalah kebakaran hutan. Tapi, belum diketahui pasti apakah kebakaran ini terjadi karena faktor alam atau manusia. Namun, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, kepada Kompas.com, yakin bahwa kebakaran hutan di sejumlah daerah di Tanah Air lebih banyak karena kesengajaan pihak-pihak tertentu daripada akibat faktor alam.

 

11. Tetapkan 12 perusahaan sebagai tersangka

Perkembangannya sejauh ini, girls, polisi telah menetapkan 12 perusahaan sebagai tersangka dalam kasus kebakaran hutan dan lahan. Hingga Rabu (7/10/2015) kemarin, berdasarkan data Bareskrim Polri, Kompas.com menulis ada 223 tersangka perorangan dan perusahaan dalam kasus tersebut.

 

12. Foto Satelit NASA ungkap parahnya kabut asap

NASA sebagai lembaga antariksa Amerika Serikat mengunggah foto via Twitter yang menunjukkan parahnya kabut asap di Pulau Sumatera dan sekitarnya.

 

 

Baca lebih lanjut: 12 Fakta Kabut Asap di Sumatera dan Sekitarnya (Bagian 1)

 

(foto: reuters)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN