10 Penyebab Kematian Terbesar di Dunia

Published by : Aisha Ria Ginanti Posted on : Rabu, 18 Mei 2016

Sumber: dramabeans.com

Setiap orang tentu berharap bisa menikmati umur yang panjang sebelum akhirnya kematian datang. Tetapi, ada banyak faktor yang bisa membuat usia seseorang lebih pendek dari harapan. Mulai dari penyakit hingga kecelakaan, berikut adalah 10 penyebab kematian terbesar menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat. Walau data ini berasal dari AS, tetapi cukup bisa menggambarkan negara-negara lain, termasuk Indonesia. Ini dia 10 penyebab kematian terbesar di dunia.

 

Baca juga: Masuk Angin, Penyakit yang Cuma Ada di Indonesia?

 

Bunuh diri
Bunuh diri atau secara sengaja melukai diri sendiri merupakan penyebab ke-10 kematian di AS pada tahun 2013. Yang memprihatinkan, bunuh diri jadi penyebab utama kematian pada kelompok umur 15-24 tahun. Salah satu strategi mencegah bunuh diri adalah orang di sekitarnya mengenali tanda bahaya. Itu berarti jangan menyepelekan ketika seseorang mengaku ingin bunuh diri, meningkatnya penggunaan zat berbahaya, serta perubahan pada mood atau pola makan.

 

Gangguan ginjal
Gangguan ginjal, termasuk peradangan pada ginjal yang disebabkan oleh infeksi atau reaksi alergi obat ternyata juga menjadi penyebab kematian. Kondisi penyakit yang bisa menyebabkan gangguna ginjal antara lain penyakit diabetes, lupus, atau hipertensi.

 

Diabetes

Kondisi yang ditandai dengan peningkatkan kadar gula darah di atas normal ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Karena itu kendalikan gula darah dengan menjaga pola makan, aktivitas fisik, serta cek gula darah teratur.

 

Stroke
Stroke terjadi ketika suplai darah ke area otak terhambat atau pembuluh darah pecah, sehingga sel-sel otak mati. Pria memiliki risiko stroke lebih besar.

 

Penyakit Alzheimer
Ini merupakan penyakit yang banyak diderita orang usia lanjut. Ciri Alzheimer antara lain gangguan memori, bahasa dan berpikir. Orang yang menderita penyakit ini akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-harinya.

 

Baca juga: 10 Film Horor Jepang Terseram yang Wajib Kita Tonton

author :

Aisha Ria Ginanti

Reporter di KaWanku sejak tahun 2012.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN