10 Kampus Terbaik Di Indonesia

Published by : Aisha Ria Ginanti Posted on : Sabtu, 16 April 2016

sumber: ui.ac.id

Ujian Nasional alias UN sudah beres, girls. Sekarang saatnya memantapkan lagi pilihan untuk kuliah di kampus yang kita inginkan. Tentunya, kampus yang kita cita-citakan umumnya enggak jauh dari kampus-kampus yang memang memiliki peringkat baik secara nasional. Untuk itu Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2015 merilis daftar peringkat kampus terbaik di Indonesia. Ini dia 10 kampus terbaik di Indonesia .

 

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan di Indonesia

 

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
4. Universitas Indonesia (UI)
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
6. Universitas Brawijaya (Unibraw)
7. Universitas Padjadjaran (Unpad)
8. Universitas Airlangga (Unair)
9. Universitas Sebelas Maret (UNS)
10. Universitas Diponegoro (Undip)

 

Baca juga: Berdasarkan 16 Tipe Kepribadian, Ini Jurusan Kuliah Yang Cocok

 

Kriteria

Ada empat kriteria menjadi pedoman kementerian ini dalam menilai perguruan tinggi. Pertama, kualitas sumber daya manusia (SDM). Kedua, kualitas manajemen perguruan tinggi. Ketiga, kualitas kegiatan kemahasiswaan. Terakhir, hasil penelitian serta publikasi ilmiah.

Meski pada peringkat total ada di peringkat tiga, IPB justru mendapat skor tertinggi—sebesar 4 poin—untuk kualitas SDM. Pada indikator ini, UGM di peringkat kedua dengan skor 3,99 dan ITB di posisi ketiga dengan skor 3,93.

Adapun untuk kualitas manajemen, IPB maupun ITB sama-sama mendapat nilai 3,9 poin. Poin kedua kampus sedikit di bawah UGM yang mengantongi skor 3,99.
 
UGM menempati peringkat teratas untuk kualitas kegiatan mahasiswa, dengan skor bulat 4. Pada kriteria ini, selisih nilai cukup jauh. ITB ada di peringkat kedua dengan skor 1,9 dan menyusul di bawahnya IPB yang mendapat nilai 1,8.

Untuk kualitas penelitian dan publikasi, ITB jawaranya, dengan skor sempurna 4. UGM ada di peringkat kedua dengan skor 3,69, sedangkan IPB di peringkat ketiga yang mengantongi nilai 3,1.

Dari keempat kriteria tersebut, ITB menempati peringkat pertama karena mendapat total skor 3,743. Adapun UGM mengumpulkan skor 3,69, sedangkan IPB 3,49. (Dosir Weis/hai-online.com)

 

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Gampang Dapat Kerja

author :

Aisha Ria Ginanti

Reporter di KaWanku sejak tahun 2012.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN