10 Film Hollywood yang Paling Banyak Dibajak di Tahun 2015

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 5 Januari 2016

10 Film Hollywood yang Paling Banyak Dibajak di Tahun 2015

Perusahaan audit hak cipta Excipio mengeluarkan daftar film yang paling banyak dibajak sepanjang 2015. Menurut hitungan kasar Excipio, pembajakan film makin merajalela tahun ini. Walapun begitu, Excipio tak membeberkan secara spesifik negara mana yang paling banyak berkontribusi pada pembajakan film. Ini dia 10 film Hollywood yang paling banyak dibajak di tahun 2015.

 

(Baca juga: 5 Rekomendasi Drama Korea Terbaru Januari 2016)

 

Interstellar

Film sci-fi Interstellar paling banyak dibajak sepanjang 2015. Menurut hasil audit, Interstellar diunduh secara ilegal sebanyak 46,7 juta kali hingga 25 Desember 2015. Jumlah itu meningkat 56 persen dibandingkan pembajakan The Wolf of Wall Street tahun lalu.

 

 

Kala itu, film yang dimainkan Leonardo Dicaprio tersebut dinobatkan sebagai film yang paling banyak dibajak. Total pengunduhan ilegalnya sebanyak 30 juta kali, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Kamis (31/12/2015).

 

Daftar lima besar

Tahun ini, menyusul pada posisi ke-dua setelah Interstellar, ada Furious 7 yang diunduh ilegal lebih dari 44 juta kali. Avengers: Age of Ultron, Jurrasic World, dan Mad Max: Fury Road menggenapkan daftar lima besar film dengan jumlah pembajakan tertinggi.

 

 

(Baca juga: 5 Tujuan Wisata di Indonesia Yang Populer di Tahun 2015)

 

Posisi enam sampai sepuluh

Berturut-turut pada posisi keenam hingga kesepuluh ada American Sniper, Fifty Shades of Grey, The Hobbit: Battle of The Five Armies, Terminator: Genisys, dan The Secret Service.

 

 

Di Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) tengah menggodok program berkonsep peringatan untuk mereduksi aksi pembajakan online. Sistem peringatan akan dipasang di berbagai situs yang menyediakan konten musik dan film bajakan.

 

Saat hendak mengunduh konten bajakan atau ilegal, netizen akan "dikagetkan" dengan pemberitahuan pasal yang dilanggar beserta ancaman hukuman yang dikenai. Implementasi program dijadwalkan pada 2016 ini.

 

(Baca juga: 5 Film Hollywood yang Seru Kita Tonton di Januari 2016)

 

(reza/ tekno.kompas.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN