Celeb & Entertainment

Tulus: Tips Menulis Lirik Lagu Ala Tulus (Bagian 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 22 Mei 2014

Tulus: Tips Menulis Lirik Lagu Ala Tulus (Bagian 1)

Di album Gajah ini Tulus nggak hanya menunjukan kepiawaiannya dalam bernyanyi, tapi juga sebagai penulis lirik yang lugas. Pengin bisa menulis lirik seperti Tulus? Ini dia tips menulis lirik lagu ala Tulus

 

Jangan Terikat Tema

Ide atau tema lirik lagu memang sering jadi momok yang bikin langkah kita enggak maju-maju buat memulai nulis.  Alih-alih mau bikin lirik yang asyik dengan tema yang unik, malah jadi enggak berkutik gara-gara nggak bisa dikembangin lebih lanjut.

 

Untuk masalah ini Tulus menyarankan untuk memilih tema-tema yang dekat dengan kita aja.  "Mulailah (menulis lirik) dari pengalaman pribadi, cerita temen-temen, keadaan sekitar, pokoknya yang lo temuin setiap hari deh," terang Tulus

 

Bahkan menurut Tulus, menulis lirik akan lebih bagus kalo tidak terikat tema. "Akan lebih bagus lagi kalau dari awal mula bikin, lo nggak terikat tema. Dibiarin ngalir aja, apa yang terlintas di kepala lo, langsung tulis dan itu akan mengalir dengan sendirinya," tambahnya lagi. 

 

Ingat? Tulis! Rekam!

"Kalau lagi ingat satu kata, atau mungkin satu cerita dari teman, langsung ambil kertas dan alat tulis, dan tulis aja, keburu lupa," jelas Tulus, "Lebih bagus lagi kalau ada alat perekam. Sekarang kan semua hand phone pasti ada alat perekamnya, rekam aja kata-kata atau nada yang lo temuin." 

 

Bagi Tulus hal ini sangat efektif untuk mencegah penyakit manusia nomer satu, lupa. Enggak jarang di kepala kita sering terlintas kata-kata asyik atau pilihan kata serta rima yang senada, untuk itu butuh terekam atau setidaknya tercatat agar bisa dilanjutkan kemudian.

 

Lanjut baca dengan klik di sini.

 

(m. zaki/hai, foto: daus/hai) 

 

Tags : tulus

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN