Celeb & Entertainment

Tantri 'Kotak': Tips Mencari Karakter Vokal

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 12 Februari 2014

Tantri 'Kotak': Tips Mencari Karakter Vokal

Buat yang masih mencari karakter vokal sendiri waktu menyanyi, kali ini ada tips oke banget dari vokalis Kotak, Tantri. Pasalnya, lady rocker  masa kini ini punya pesan yang penting banget buat para vokalis atau penyanyi yang lagi mentok mencari karakter sendiri. 

 

Yang jelas, buat mencari karakter vokal sendiri itu salah satu hal penting yang mesti dicatet adalah kesabaran! Kenapa? Kalau enggak sabar dan maksa, enggak bakal ketemu tuh karakter vokal yang dicari-cari.

 

Simak yuk tips-tips buat mencari karakter vokal yang baik dari Tantri!

 

Tentukan dulu passionnya

Salah satu cara ampuh buat tahu ke mana arah karakter vokal kita, yang jelas kita mesti tahu banget sama genre musik yang dimainkan. Biar enggak 'salah jalan' nantinya dan malah terbilang maksa, jadi ya harus tentuin dulu passion nya mau di mana!

 

"Ya, jadi memang harus tentuin dulu passion nya mau di mana. Kalau mau main di musik rock, ya harus denger musik rock, bagusnya ya terinfluence  sama musik-musik rock pastinya. Begitu juga kalau mau main di musik pop atau jazz, lainnya juga," saran Tantri.

 

Jangan menutup diri dari genre musik lain

Kalau main musik rock ternyata mendapat hambatan, tapi pengen tetap kekeuh  di musik rock, coba deh jangan menutup diri juga sama genre musik yang lain. Siapa tahu suara atau vokal kamu malah nyambungnya malah ke musik metal, pop, atau jazz.

 

"Kalau suka sama suatu musik tertentu dan pengennya di sana, bukan berarti lo menutup diri dari musik lain ya. Ketika masih belum punya karakter, cerminkan diri lo. Kulik lagu lain dan nikmati lagunya, sampai ketemu karakternya dan terbentuk juga karakter lo. Yang penting bentuk dulu karakternya dari berbagai macam genre yang lo dengar," imbuhnya.

 

Rawat pita suara dengan benar

Yang dimaksud Tantri buat menjaga pita suara di sini ialah dengan berlatih terus menjaga kualitas vokal yang didapat. Ini sangat memengaruhi karakter vokal kita biar enggak hilang dan bisa tetap stabil waktu menyanyi nantinya.

 

"Kalau gue, setidaknya satu hari kita pemanasan satu lagu untuk menjaga pita suara. Justru kalau pita suara enggak dipakai, nanti malah kaku. Jadi nanti harus 'dipanasin', kasarnya. Cukuplah satu hari satu lagu buat menjaga pita suara kita itu," saran vokalis pemilik nama lengkap Tantri Syalindri Ichlasari ini.

 

Kuncinya adalah sabar!

Karakter suara kita adalah jati diri kita yang sebenarnya. Apalagi kalau menyanyikan sebuah lagu dengan hati. Nah, kata Tantri buat menemukan jati diri alias karakter vokal kita kunci yang paling penting itu satu, sabar.

 

"Untuk masalah waktu menemukannya, ya tergantung masing-masing orang. Kayak yang gue bilang, lo passion nya di mana, suka genre musik apa, ya lo terjun aja di situ. Lo ikutin kenikmatannya dari situ. Kalau ditanya berapa lamanya, gue enggak bisa bilang. Ya, lo harus sabar buat nemuin itu," tutupnya.

 

(adhie/hai, foto: kompas.com) 

 

Tags : tantri kotak

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN