Celeb & Entertainment

SNSD: Style Evolution

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 8 Oktober 2013

SNSD: Style Evolution

Semua tahu kalau cewek-cewek SNSD ini fashionable banget. Tapi gimana ya perubahan gaya mereka dari awal debut sampai jadi salah satu icon K-pop dunia?

 

2007

Saat debut, SNSD mungkin belum dikenal sebagai girlband yang stylish atau jadi panutan fashion bagi penggemar K-pop. Saat itu, SNSD masih tampil 'polos' dengan konsep yang anak muda banget. Fashion item andalan mereka adalah jaket sporty, rok mini, celana pendek sporty, dan sneakers. Konsep dandanan mereka juga enggak begitu menonjol, karena make-up yang dipakai natural banget.

 

"Waktu awal debut kami sama sekali enggak boleh pakai make-up. Bahkan blush on pun enggak boleh sama sekali!" ujar Jessica di salah satu variety show Korea.

 

2008

Tahun 2008 pun SNSD masih dengan konsep girly dan 'polos'. Ke mana-mana mereka masih suka menggunakan kostum yang seragam. Namun bedanya, kalau pada tahun 2007 mereka masih ada unsur sporty, pada tahun 2008 ini SNSD tampil girly banget! Mungkin untuk menyesuaikan dengan konsep single mereka pada waktu itu, Kissing You. Pada tahun ini, SNSD sudah mulai membuat dunia fashion Korea melirik gaya mereka. Salah satu gaya mereka yang terkenal waktu itu adalah preppy look yang identik dengan rok tartan dan blazer.

 

2009

Setelah hilang sejenak dari dunia musik di akhir 2008, pada tahun 2009 inilah SNSD membawa gebrakan dengan single Gee dan Genie di industri musik K-pop. Enggak cuma single-nya yang membuat gebrakan, fashion style mereka pun berubah drastis, girls! Kali ini mereka tampil lebih casual dan mulai terlihat dewasa. SNSD sudah enggak lagi tampil dengan lollipop dan flare skirt seperti sebelumnya. Mereka lebih sering tampil dengan jeans, t-shirt, shorts. Namun ada satu yang menonjol dari penampilan SNSD pada tahun ini adalah mereka sudah menggunakan make-up dan high heels!

 

2010

Gaya polos dan girly digantikan dengan tampilan seksi dan bold, melalui lagu mereka Oh!, Run Devil Run, dan Hoot. Di tahun ini SNSD juga mendapat julukan 'The Black Soshi' karena penampilan mereka yang serba hitam di MV Run Devil Run. Banyak tampil dengan menggunakan hotpants dan cropped top, lagi-lagi SNSD kembali jadi sorotan dunia fashion. Tapi, pada tahun inilah banyak yang mengkritik mereka karena dianggap terlalu seksi! Karena memang di tahun ini SNSD banyak mengekspos bagian tubuhnya. Salah satunya di video klip Cabi Song, dimana Yoona, Yuri, dan Seohyun terlihat banyak memakai sport bra dan shorts. Wah!

 

2011

Biasanya cewek-cewek ini tampil dengan 'seragam', namun sejak single The Boys ini, setiap member SNSD memiliki kostum dengan gaya yang berbeda dan punya ciri khas, di panggung maupun ketika tampil di event penting. Contohnya, Jessica yang memiliki kepribadian feminin dan punya image 'ice princess', hampir selalu tampil dengan rok A-line atau mini dress. Berbeda lagi dengan Hyoyeon yang terkenal dengan edgy style-nya, tampil dengan boots dan aksesori yang matching.

 

2012

It's all about expensive brand! Kita bisa lihat barang yang dipakai SNSD pasti berasal dari merk terkenal dan mahal, seperti Chanel, Burberry, Hermes, MCM, dan masih banyak lagi. Konsep penampilan SNSD terlihat lebih glamour dan jauh lebih dewasa dari sebelumnya, seperti yang terlihat di video klip mereka Paparazzi.

 

"Kami, kan, semakin dewasa dan enggak selamanya pakai lollipop terus sebagai aksesori dan bergaya cute terus," kata Yuri, waktu diwawancara di variety show Korea, Win Win.

 

2013

Branded fashion masih jadi andalan untuk fashion style SNSD di tahun ini. Meskipun gaya mereka terlihat 'campur-aduk" di video klip I Got A Boy, brand yang mereka pakai enggak main-main lho, girls. Enggak segan-segan SNSD menggaet Jeremy Scott, desainer fashion dari Amrik yang terkenal dengan gayanya yang edgy dan Adidas untuk mempercantik penampilan mereka di panggung. Hal ini juga memengaruhi penampilan personil SNSD di luar panggung. Seohyun sempat terlihat datang dengan dress cantik dari Calvin Klein yang dimodifikasi, dengan memotong rok dalamnya, sehingga menjadi asymmetrical dress.

 

(audrey, foto: ohkpop.com, soompi.com, allkpop.com, fanpop.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN