Celeb & Entertainment

Pandji: Tips Jadi Pemilih Yang Cerdas

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 7 April 2014

Pandji: Tips Jadi Pemilih Yang Cerdas

Bagi Pandji, perubahan itu dipicu oleh anak muda. Saatnya untuk lebih memahami politik, salah satu caranya adalah dengan menggunakan hak suara saat pemilu nanti.

 

Entertainer sekaligus comic ini mengaku kalau remaja harus banget menggunakan hak suaranya dalam pemilu nanti. "Dalam sejarah dunia atau Indonesia, perubahan selalu dipicu oleh anak muda. Kalau kita berharap ada perubahan dalam dunia politik, maka kita harus memulai picu tersebut. Tapi, sebelum menggunakan hak suara, kita harus memahami politik dan memahami pilihan yang ada," aku Pandji.

 

Satu suara yang diberikan saat pemilu nanti memberikan efek yang besar, baik secara langsung maupun enggak langsung. "Kalau kita memilih orang yang baik dan benar secara kolektif, lalu orang tersebut terpilih untuk masuk ke dalam DPR, maka perubahan yang terjadi secara langsung adalah lahirnya produk Undang-Undang yang menguntungkan kehidupan kita. Yang bisa kita nilai. Yang bisa kita rasakan," jelas Pandji.

 

Enggak hanya itu, dengan ikut memberikan suara saat pemilu, kita juga bisa merasakan tumbuhnya harapan akan Indonesia yang lebih baik di masa depan. Tanpa disadari, dalam benak kita akan muncul pikiran 'akhirnya ada orang di dalam DPR yang saya percayai', sehingga menimbulkan munculnya perubahan ke arah yang lebih baik.

 

Tips jadi pemilih cerdas ala Pandji

Masih bingung untuk menggunakan hak suara waktu pemilu nanti? Tenang, Pandji berbagi tips mudah biar enggak bingung lagi nih, girls.

 

1. Tentukan sikap, apakah kita peduli terhadap politik atau enggak. Menurut Pandji, peduli politik bukan berarti senang politik. Bisa aja orang yang peduli politik sebenarnya sebal terhadap politik. "Aku enggak bisa paham dengan orang yang enggak peduli politik, karena menurutku itu bodoh banget. Bagaimana bisa kita enggak peduli dengan sistem yang menentukan jalan hidup kita?" tanya Pandji.

 

2. Ketika sudah peduli, maka saatnya untuk mencaritahu. "Pertama-tama, cari tahu daerah tempat tinggal kita masuk daerah pemilihan berapa? Kita bisa mencari info ini di Google, kok," saran Pandji.

 

3. Enggak hanya mencaritahu daerah pemilihan, kita juga harus mencaritahu caleg yang mewakili daerah pemilihan tersebut. Luangkan waktu untuk mencaritahu satu per satu calon legislatif di daerah tersebut. "Cari aja di ayovote.com atau litsuscaleg2014.wordpress.com," ucap Pandji.

 

4. Setelah tahu calon yang pas, kita tinggal datang ke TPS pas hari H. Dan, menggunakan hak suara kita, deh. Gampang, kan?

 

#PemiYUK

Beberapa seleb Indonesia membuat video berjudul PemiYUK dan diunggah di Youtube. Video ini merupakan aransemen ulang lagu Pemilihan Umum yang terkenal di masa orde baru lalu. Nah, Pandji juga ikut dalam proyek ini.

 

"Aku diajak oleh Yosi Mokalu (Project Pop), Ronald Steven, dan teman-teman di Slingshot Project untuk meramaikan proyek ini. Menurut mereka, proyek ini dibuat untuk mengedukasi pemilih muda yang benar-benar enggak tahu apa yang harus dilakukan agar menggunakan hak suaranya," jelas Pandji. Bisa jadi referensi, nih!

 

(iif, foto: utama putranto)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN