Celeb & Entertainment

Mikha Angelo: Tips Bermusik Yang Asik

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 27 Januari 2014

Mikha Angelo: Tips Bermusik Yang Asik

Bisa memainkan banyak instrumen pastinya jadi sebuah kebanggaan dan prestasi sendiri. Nggak cuma itu, bisa main banyak instrumen pastinya mengundang decak kagum banyak orang yang menonton orang yang memainkannya.

 

Hal dasar yang mesti banget dimiliki buat orang yang pengen bisa main banyak instrumen, termasuk sambil menyanyi, ternyata sederhana. Ya, harus suka musik. Nah, Mikha Angelo dari The Overtunes punya tips buat jadi seorang multi-instrumenalis dan fokus nyanyi.

 

Jangan maksa

Pertama, kalau nyanyi jangan sampai memaksakan dengan musik yang nggak sesuai dengan karakter vokal. Ini juga memengaruhi instrumen mana yang cocok dimainkan kalau ingin sekalian bernyanyi sambil memainkan gitar, bass, piano, atau lainnya.

 

"Yang penting harus nyaman sama apa yang memang disukai, sih. Kalau orang udah nyaman sama apa yang dimainkan atau dinyanyikan, sih, enggak akan salah mainnya. Kalaupun ada salah, paling enggak akan kerasa. Itu, sih, yang bikin imbang antara nyanyi dan main instrumen," saran Mikha.

 

Kuasai chord  dan pahami lagu

Biar fokus nggak pecah saat menyanyi dan memainkan instrumen, langkah kedua menurut Mikha ialah harus bisa menguasai chord  lagu yang bakal dimainkan. Tapi nggak cuma dihafal, dipahami juga lagunya!

 

Pasalnya, kalau nggak menguasai dan memahami lagu, termasuk chord nya, waktu nyanyi nanti jadi nggak enak. Meskipun kalau nyanyi itu sebenarnya bisa diimprovisasi.

 

"Kalau menurut aku, sih, lebih baik nyanyinya jelek tapi main musiknya bagus daripada main musiknya jelek. Karena feel bermusik sebenernya keluar dari cara bermain musik yang bagus," kata Mikha

 

Perbanyak vocalizing

Untuk menjaga keseimbangan pernafasan dengan memainkan instrumen, seperti bass atau gitar, perlu banget banyak latihan vocalizing. Cuma mesti diinget juga buat selalu mengatur dan menjaga pernafasan, biar perut yang tertekan saat memainkan instrumen bisa berfungsi maksimal.

 

"Kalau vokal, sih, paling penting itu memang perbanyak vocalizing . Aku pun sebagai penyanyi, waktu awal-awal sempet meremehkan vocalizing. Yang penting suaranya keluar dan punya nada. Tapi ternyata setelah belajar vocalizing, bener-bener berasa banget pentingnya, apalagi buat efek waktu nyanyi," saran cowok penyuka pasta ini.

 

Jangan dibawa ribet

Jangan pernah bilang main musik itu ribet! Dibawa enjoy aja dan nikmati setiap nada-nada yang keluar ketika memainkan instrumen yang disukai. Improvisasi jadi salah satu hal penting yang sangat memengaruhi dalam memainkan musik.

 

"Buat aku main musik jangan dibawa ribet. Karena orang kan banyak belajar dari not balok, buat aku enggak penting, sih. Yang penting ngerti dari dasar pentingnya musik apa. Nanti jadinya kepikiran chord nya itu apa, bukan enaknya main musik. Buat bisa multi instrumen itu yang penting harus suka musik!" tutup Mikha. 

 

(adhie/hai, foto: hai)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN