Celeb & Entertainment

JFlow: Album Baru dan Cinta Indonesia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 24 Maret 2013

JFlow: Album Baru dan Cinta Indonesia

JFlow, salah satu musisi kebanggaan kita berencana merilis album baru, girls. Kerennya, di album barunya, dia enggak pernah berhenti mempromosikan keindahan Indonesia ke mata dunia. Kira-kira, apa rencana JFlow di album ketiganya nanti ya?


Rencana album baru gimana nih?

Masih ngumpulin materi. Sudah beberapa direkam. Meski belum sempat dirilis, salah satu lagu dari album ketiga dibawakan saat LDR concert JFlow Februari lalu dan secara eksklusif diperdengarkan buat Friends Of JFlow (FOJ) yang datang kemarin.



Bedanya sama album ke satu dan ke dua?

Beda jauh. Kalau album pertama banyak melibatkan musisi dan pemain band, kayak pemain bass, gitar, drum, keyboard dsb. Di album ketiga ini musiknya EDM (electro dance music). Jadi lebih banyak kerjasama dengan DJ. Dulu bikin lagunya sambil main gitar, sekarang seringnya main bareng DJ. Dulu, JFlow itu hiphop yang nge-pop. Orang bisa dengar sambil nyanyi-nyanyi. Sekarang 90 persen dance.



Kok sekarang berubah aliran?

Musisi itu enggak boleh mengulang formula sukses sama.  Di album lama ada Tribute to Mama, We Are One, Wow yang bikin JFlow dikenal. Sekarang sih cuma pengin mencoba yang baru dan belum tentu berhasil. Pengin menantang diri, enggak mencari laku. Kalau cari laku, lo enggak suka enggak masalah. Tapi gue pengin bikin musik yang bikin diri gue bangga. Gue pengin jadi seniman. Bagi gue, seleb sama seniman itu beda. Seleb itu muncul dimana-mana. seniman itu enggak penting muncul dimana-mana, yang penting karya dan paling anti disama-samain.

 


Kalau inspirasi bermusik?

Masih tentang kehidupan. Gue punya misi khusus, yaitu pengin menaikkan nama Indonesia di dunia internasional. Klise. Tapi bener, lho. Gue pengin tiap orang yang googling keyword Indonesia yang keluar itu enggak koruptor, teroris, dan bencana alam. Gue pengin, pada saat mereka nge-search, ada video atau musisi Indonesia yang nyangkut sama mereka.



Konsep musik JFLOW yang mendukung supaya bisa diterima orang luar?

Oke flavornya musiknya internasional. Tapi ada pesan dari Indonesia, yaitu dari lirik sama video klipnya. Musiknya 'kan dance, biasanya identik dengan klub malam, mobil-mobil mewah, dan sebagainya. Kalau kita, yang ditampilkan pantai-pantai kita yang cantik eksotis. Mau pulau apapun di Indonesia semuanya bagus, tinggal tunjuk! Semuanya cakep! Kayak Ambon dan Papua. Bagus banget...

 


Suka banget ke pantai ya? Kalau liburan yang berkesan?

Maluku sama Mentawai. Keren banget. Tapi seringnya enggak ada waktu dan juga modalnya pasti terpakai buat syuting rekaman dan bikin musik, single dan album. Waktu itu syuting videoklip di Mentawai pasca-tsunami. Berkesan banget jadi tema video mengangkat harapan untuk korban tsunami di mentawai. Oh ya, Gue orang Ambon, tapi lahir di Jakarta, jadi Maluku bagi gue juga berkesan. Waktu itu kebetulan lagi ulang tahun kota ambon.

 

(dea, foto. rynol)

 

BACA JUGA

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN