Celeb & Entertainment

Greyson Chance: Terinspirasi Musik Jadul

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 21 Maret 2013

Greyson Chance: Terinspirasi Musik Jadul

Punya idola lintas generasi bikin musik Greyson jadi lebih berwarna. di EP terbarunya, Greyson memberikan sentuhan folk yang terinspirasi dari salah satu band favoritnya.

 

Kebiasaan Greyson mendengarkan musik jadul berlangsung sejak dia kecil sampai saat ini. Greyson biasa mendengarkan musik-musik lama lewat piringan hitam. Bahkan dia selalu membawa sekitar 50 buah piringan hitam ketika tur. "I'm really into records players, actually. I love vinyl records. I love putting them on," cerita Greyson.

 

Musik 1950an sampai 1960an pun jadi favorit Greyson saat hunting piringan hitam. Enggak heran kalau lirik-lirik Fleetwood Mac jadi pengaruh besar dalam EP Truth Be Told Part 1yang baru rilis Oktober 2012 lalu itu. "Mereka salah satu inspirasi terbesar aku dalam pembuatan EP ini," ujar Greyson.

 

Beatlemania

Band legendaris asal Liverpool, The Beatles, memang digandrungi banyak orang, termasuk Greyson. Greyson sendiri mengagumi komposisi lirik dan musik yang diciptakan The Beatles."Aku ingin membuat sesuatu yang enggak hilang termakan waktu, seperti yang dibuat oleh The Beatles," kata Greyson yang merupakan penggemar berat John Lennon ini.

 

Kecintaannya pada The Beatlesdiatunjukkan dengan memunculkan nama idolanya ini dalam lagu California Sky.Dua bait lirik lagu itu bercerita tentang Greyson dan cewek yang disukainya menyanyikan lagu Hey Jude milik The Beatles bersama dan tentang Greyson yang mendengarkan The Beatles melalui headphone miliknya.

 

"The Beatles menginspirasiku dalam banyak hal. Bait lagu 'I put my headphones on and went right to The Beatles, looked out the windows' adalah tentang memikirkan seseorang saat aku travelling dan mendengarkan lagu yang bagus di pesawat," cerita Greyson soal lirik lagunya.

 

Lagu Leila yang diiringi instrumen gitar pun terinspirasi dari The Beatles. "Lagu favoritku di EP ini adalah Leila. It's very Beatles inspired," ungkapnya.

 

Lirik lagu fix you

Kecintaan Greyson pada musik oldies enggak bikin dia menutup telinga dari musik masa kini. Coldplay adalah band yang Greyson jadikan panutan dalam bermusik. Coldplay juga jadi inspirasi Greyson sejak pembuatan album pertama sampai sekarang.

 

Salah satu lagu Coldplay favorit Greyson adalah Fix You. Saking sukanya sama lagu fenomenal ini, dia sampai menghiasi salah satu dinding kamarnya dengan potongan lirik lagu Fix You, lho.

 

"Coldplay sangat memengaruhi aku dalam bermusik, karena aku terinspirasi oleh mereka. Apa yang sudah mereka buat sejak album pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya, membuat mereka benar-benar menjadi Coldplay," ungkap Greyson tentang idolanya. Meskipun Greyson belum pernah menonton mereka secara langsung, dia berharap suatu saat bisa mewujudkan itu dan bertemu dengan lead singer dari Coldplay, Chris Martin.

 

(lana, foto: ellentv.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN