Celeb & Entertainment

Ed Sheeran's Music in Numbers

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 24 Februari 2013

Ed Sheeran's Music in Numbers

Penyanyi kelahiran 17 Februari 1991 ini sengaja pindah dari kampung halamannya ke London untuk mendukung karirnya, pada tahun 2008. Karirnya terus menanjak semenjak dia merilis album + (Plus), pada tahun 2011. Dari manggung di pertunjukan musik kecil sampai tur Amerika dengan kapasitas venue 6000-9000 orang sudah Ed lalui. Kira-kira berapa banyak angka yang kita butuhkan kalau mau merangkum karir musik Ed lewat angka, ya?

 

6

Sampai tahun 2012, Ed sudah menerima enam penghargaan musik. Penghargaan-penghargaan tersebut ia dapatkan dari BRIT Awards, BT Digital Music Awards, Ivor Novello Awards, dan Q Awards. Keenam penghargaan tersebut termasuk dalam enam belas nominasi yang Ed dapatkan.

 

312

Pada tahun 2009, Ed telah bermain di 312 pertunjukan musik. Ed mengaku, ia sempat membaca wawancara James Morrison, dan menemukan fakta James bermain di 200 pertunjukan musik setiap tahunnya. Ed merasa dirinya mampu mengalahkan apa yang dilakukan James Morrison. He did it!

 

2005

Pada tahun 2005, Ed memulai karir musiknya lewat EP The Orange Room. EP ini Ed rilis lewat jalur independen. Setahun kemudian Ed mengeluarkan album pertamanya.

 

40.000

Ed memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Ia melakukan pertunjukan musik amal di Bristol untuk para pekerja seks komersial. Dalam pertunjukan amal itu, terkumpul dana sebanyak £40,000 atau sekitar Rp589 juta. Pertunjukan itu tergolong kecil karena hanya menampung 400 penonton saja. Hal itu membuat pertunjukan menjadi lebih intim.

 

57.607

Single Ed Sheeran yang berjudul The A Team yang dirilis dalam digital download, mencapai angka penjualan 57.607 pada minggu pertama. Single dari album + ini menduduki peringkat ketiga pada UK Singles Charts. Selain itu, The A Team juga menduduki posisi 10 besar di sembilan negara lainnya, yaitu Australia, Jerman, Irlandia, Israel, Jepang, Luxembourg, Selandia Baru, Norwegia, dan Belanda.

 

1.500.000

Album + (Plus) pada minggu pertama rilis terjual sebanyak 102.000 keping. Penjualan album ini semakin hari semakin tinggi, sampai akhirnya mencapai 791.000 keping di UK. Album ini pun diberi sertifikasi quintuplet platinum oleh British Phonographic Industry, karena pengirimannya mencapai 1.500.000 keping.

 

(lana, foto: abdradioonline.com)

 

Tags : ed sheeran

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN