Celeb & Entertainment

Ed Sheeran: The Most Wanted Songwriter

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 8 Mei 2013

Ed Sheeran: The Most Wanted Songwriter

Sukses bikin lagu buat One Direction dan Taylor Swift, Ed Sheeran melejit jadi pencipta lagu yang banyak diincar penyanyi top Amrik, bahkan masuk nominasi Grammy.

 

Ed pertama kali menulis lagu saat masih berumur 11 tahun, setelah menonton konser penyanyi-pencipta lagu favoritnya, Damien Rice. Selesai konser, Ed mengikuti Damien lalu memberanikan diri mengajak ngobrol dan bilang "Aku ingin jadi sepertimu".

 

Pertemuan itu ternyata meninggalkan kesan yang mendalam. "Malam itu saat sampai rumah, aku langsung menulis enam lagu. Enam lagu pertamaku," cerita Ed. Sejak itu juga Ed mulai rajin menulis dan menghasilkan banyak lagu. Walaupun menurutnya enggak bagus. Lagu buatannya pertama kali dibawakan saat konser musik di sekolahnya. "Lagu itu enggak terinspirasi oleh apa pun. Cuma kata-kata yang berima," aku Ed.

 

"Menulis lagu dan tampil live itu seperti menyalakan keran di sebuah rumah tua. Awalnya kita hanya akan dapat lumpur dan air kotor. Tapi semakin banyak air yang mengalir, semakin cepat air yang bersih dan bagus akan mengalir."

 

Jago bikin lirik

Selain nada yang enak didengar, hal yang bikin orang jatuh cinta sama lagu buatan Ed adalah liriknya yang detail dan menyentuh. Karena terlatih nulis lagu dari kecil, Ed jago menggambarkan hal detail lewat rangkaian kata-kata yang dia tulis. "Saat bikin lagu aku selalu menulis lirik dulu baru membuat melodinya," kata Ed.

 

"It's all about songs, stories and real feelings. Things people can relate to. Sebagai seorang musisi, dia benar-benar tahu apa yang dia inginkan," komentar Jake Gosling, produser Ed soal kemampuan Ed bikin lirik dan lagu.

 

Terinspirasi oleh Eminem, saat bikin lirik, Ed juga senang bermain kata. "Mungkin agak klise untuk bilang Eminem adalah idolaku. Tapi aku pikir dialah yang terbaik dalam menulis lirik," aku Ed.

 

(aisha, foto: glamour.co.uk)

 

Tags : ed sheeran

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN