Celeb & Entertainment

Ed Sheeran: Nekat Demi Musik

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 22 Maret 2013

Ed Sheeran: Nekat Demi Musik

Saking cintanya sama musik, Ed Sheeran nekat belajar gitar, berhenti sekolah dan keliling Inggris.What a brave guy!

 

"Waktu kecil, ortukusering memutar lagu-lagu seperti Van Morrison, Bob Dylan dan The Beatles. Aku banyak terinspirasi musik rock tapi juga suka musik akustik seperti Damien Rice. Itu sebabnya sekarang aku suka mencampur-adukkan segala hal. Aku mencari inspirasi dari berbagai sudut pandang," cerita Ed.

 

Setelah sering mendengar musik Van Morrison yang sering diputar ortunya dalam perjalanan dari rumahnya di Suffolk menuju London Inggris, Ed yang berusia 11 tahun belajar gitar dan mulai meng-cover lagu-lagunya Eric Clapton dan Guns N' Roses. Tapi barulah setelah dia nonton dan ngobrol langsung dengan Damien Rice (musisi folk Irlandia), dia benar-benar pengin jadi musisi danpenulis lagu.

 

Karena pengin serius berkarir di dunia musik, Ed nekatberhenti sekolah saat berumur 16 tahun. Ed laluberkeliling Inggris, tampil di banyak gigsdan merilis EP sendiri. "Drop out dari sekolah itu keputusan yang sulit diterima orang-orang sekitarku. Semuanya bilang itu salah, tapi bagiku enggak. Itu muncul alami, aku pengin keluar dari rumah," kenang Ed.


Dua dunia

Ed enggak cuma dengerin musikrock dan folk. Dia juga suka dengerin hip hop dan grime (jenis musik campuran UK garage, drum & bass, hip hop dan dancehall yang muncul di Inggris awal tahun 2000-an)."Kalau kita punya wawasan musik yang luas, kita bisa mendapatkan nuansa musik yang beda. Seperti mencampur dua dunia berbeda, kita bakal mendapatkan hal yang terbaik dari keduanya," ungkap Ed.

 

Soal lirik, Ed suka gaya bercerita ala Eminem dan Bob Dylan. "Aku suka memperhatikan lirik dari semua musisi yang aku dengar. Semua artis yang menginspirasiku itu adalah tukang cerita yang hebat, baik itu Bob Dylan atau Eminem. Meskipun jenis musiknya beda, mereka bercerita dengan gaya yang sama,"kata Ed.


Tampil bareng idola

Karena gabung dengan Rocket Management milik Elton John, setiap seminggu sekali Ed ngobrol dengan Elton John. Ed dapat banyak dukungan dan saran dari Elton soal musik.Baginya itu surrealbanget, soalnya Ed tumbuh dengan mendengarkan lagu-laguElton John. Dan Ed senang banget karena berduet dengan Eltondalam55th Annual Grammy Awards 10 Februari lalu.

 

"Cuma datang ke acara itu aja bagiku udah suatu kebanggaan tersendiri. Tapi, sampai dinominasikan dan tampil di acara itu...gila!" kata Ed takjub.

 

(dea, foto: hallamfm.co.uk)

 

Tags : ed sheeran

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN