Celeb & Entertainment

BEAST: Stand Up After A Failure

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 9 Mei 2013

BEAST: Stand Up After A Failure

Lahir dari label yang tergolong baru, enggak bisa kita jadikan alasan untuk meremehkan Beast. Boy band yang terbentuk di bawah Cube Entertainment ini punya cerita panjang di balik popularitas mereka sekarang ini. Beberapa personil sempat merasakan jadi trainee di dua label besar yang termasuk dalam 'the big three' di Korea Selatan.

 

Yoon Doojoon, Lee Kikwang, Yang Yoseob, dan Son Dongwoon sempat jadi trainee di JYP Entertainment, yaitu sebagai kandidat member 2 PM dan 2 AM. Selain itu, Jang Hyunseung juga pernah jadi trainee di YG Entertainment untuk jadi bagian dari Big Bang. Sayangnya Hyunseung enggak lolos seleksi akhir. Cerita soal jadi trainee enggak berakhir di situ, Yong Junhyung pun sempat tampil sebagai trainee dalam grup Xing dan dikenal dengan nama Popping Dragon.      

 

Meskipun gagal jadi bagian dari deretan manajemen itu, Cube Entertainment melihat mereka punya bakat dan talenta. Akhirnya mereka diajak bergabung dan terbentuklah Beast. Latar belakang mereka bikin beberapa kalangan sinis dan bikin julukan recycle group buat Beast. "Di sisi lain, kami memang didaur ulang dan sekarang kami adalah Beast. Kami enggak masalah dengan itu, tapi kami khawatir fans kami terluka gara-gara itu," cerita Doongwoon.

 

Asia sampai eropa

Halaman baru para personil Beast dimulai sejak debut mini album Best is The B2ST, pada tahun 2009. Penjualan album mereka mencapai angka 20 ribu pada bulan pertama. Hal yang sama juga terjadi sama mini album kedua mereka, Shock of the New Era yang rilis Maret 2010.

 

Pertengahan 2011, mereka melakukan tur dunia mereka yang pertama. Enggak tanggung-tanggung, Cube Entertainment membawa mereka keliling Eropa dan Amerika Latin. Mereka pun jadi artis K-Pop pertama yang mengadakan konser di Brazil. Enam cowok ini mendapatkan sambutan meriah di sana. Bahkan, salah satu stasiun televisi di Brazil memberikan live update secara eksklusif lewat salah satu program.

 

Waktu mereka tampil di BEAST Seoul Concert awal 2012, Beast mengumumkan tur dunia mereka yang kedua, 'Beautiful Show'. Kali ini, Beast konser di 17 kota di 12 negara yang tersebar di berbagai benua, dari Asia, Eropa, Amerika Utara, sampai Amerika Selatan.

 

Penampilan mereka ternyata meninggalkan kesan di mata dunia. Sampai saat ini, penggemar Beast yang dijuluki B2UTY sudah tersebar di berbagai negara, mulai dari Korea Selatan, Jepang, Indonesia, London, Brazil, bahkan Arab Saudi!

 

Nama B2UTY sendiri terinspirasi dari dongeng Beauty and The Beast. Beast yang sebelumnya berganti nama dari B2ST, sengaja memakai angka dua pada nama fans mereka. Dalam bahasa Korea, angka dua dibaca 'ee'. Hmmm kreatif juga, ya!

 

Puluhan penghargaan

Prestasi Beast di dunia musik, mendatangkan berbagai penghargaan buat mereka. Hebatnya, Beast enggak pernah absen menerima penghargaan sejak awal debut mereka. Dari Seoul Music Awards sampai Golden Disk Awards pernah mereka menangkan. Saking bergengsinya, Golden Disk Awards disebut-sebut sebagai Korean Grammy Awards, lho.   

 

Tahun 2010 jadi kali pertama Beast mendapatkan penghargaan dari Golden Disk Awards, yaitu Yepp Newcomer Award. Keempat mini album mereka, Beast Is the B2ST, Shock of the New Era, Mastermind, dan Lights Go On Again mencapai angka penjualan sebanyak 107.006. Hal ini bikin Beast jadi satu-satunya grup di antara boy band dan girl band lainnya, yang menjual lebih dari 100 ribu copy, pada tahun 2010.   

 

Tahun ini pun Beast enggak absen menerima penghargaan. Album kelima Beast, Midnight Sun bikin mereka berhasil membawa pulang trofi Disk Album Award dan JTBC (Joongang Tongyang Broadcasting Company) Best Artist Award dari Golden Disk Awards.

 

(lana, foto: dok. Fanpop)

 

Tags : beast kpop korea

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN