Celeb & Entertainment

Bang Yongguk 'B.A.P': Berjuang & Menangis demi Musik

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 27 Agustus 2013

Bang Yongguk 'B.A.P': Berjuang & Menangis demi Musik

Yongguk harus melalui perjuangan panjang sebelum akhirnya bisa dikenal sebagai leader B.A.P dan rapper berbakat. Mulai dari gabung sama underground hip hop sampai nangis karena harus latihan nge-dance.

 

Sebelum debut bareng B.A.P tahun 2012, Yongguk sudah lebih dulu eksis di dunia musik underground sejak ia duduk di kelas 3 SMP. Saat itulah dia bertemu dengan Untouchable (duo hip hop Korea) dan dikenalkan pada TS Entertainment. Karena kemampuan bermusiknya, Yongguk diajak bergabung bersama grup underground hip hop Soul Connection dengan stage name Jepp Blackman pada tahun 2008.

 

Menolak variety show

Setelah enam tahun menjalani masa training, Yongguk melakukan debut pertamanya sebagai solo artist tahun 2011. Dia menyanyikan sekaligus menulis sendiri lirik rap dalam lagu Going Crazy milik Song Ji Eun yang sukses menempati posisi teratas Gaon Chart serta Gaon's Digital and Streaming Chart.

 

Kesuksesan ini membuat nama Yongguk mulai melesat. Terbukti dengan banyaknya undangan untuk tampil di berbagai variety show. Tapi karena merasa masih harus banyak belajar, Yongguk belum bisa menerima undangan tersebut. Hi-hi-hi.

 

Walaupun masih harus belajar, tapi Yongguk selalu semangat. Semua itu berkat kecintaannya pada dunia musik. "Aku enggak pernah tertarik dengan apa pun di luar musik. Buatku yang bikin aku senang adalah saat aku bisa enjoy melakukan apa pun yang aku mau," kata Yongguk mantap. Bahkan menurut Himchan, member B.A.P yang paling dekat dengan Yongguk, posisinya di B.A.P selain sebagai leader, juga sebagai pemberi motivasi.

 

Belajar dance

Kecintaannya sama dunia musik juga terlihat dari usahanya untuk belajar nge-dance. "Aku harus terus berjuang untuk mengatasi kelemahanku. Bahkan saat member lain sudah pulang, aku berlatih dance sendirian sambil nangis," akunya.

 

Perjuangannya menjadi yang terbaik berbuah hasil. Terbukti dengan predikat sebagai Best Hip Hop Artist dari Allkpop 2012 Awards yang ia terima. Tapi, itu enggak membuat Yongguk berhenti berusaha. Ia terus belajar.

 

"Aku ingin menunjukkan pada orang yang mengatakan aku enggak bisa melakukan sesuatu, kalau aku bisa sukses melakukannya. I think when I'm able to prove myself, all the stress I have flies away."

 

Jadi produser?

Saat ditanya apa yang ingin dilakukannya dalam waktu dekat, Yongguk menjawab dia ingin belajar jadi produser. Kalau sebelumnya dia sudah aktif menulis lirik dan memberi saran untuk album B.A.P, selanjutnya dia ingin memproduseri satu album secara utuh.

 

Kalau dilihat dari semangat dan kerja kerasnya, sih, kayaknya enggak lama lagi keinginan Yongguk bisa terwujud. He-he-he. Semangat, Oppa!

 

(averina, foto: tumblr.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN