Fashion

Tips Merawat Koleksi Barang Fashion

Published by : Sekar Posted on : Sabtu, 2 November 2013

Tips Merawat Koleksi Barang Fashion

Hi, gals! Jangan asal suka belanja aja, tapi barang-barang yang kita punya wajib buat kita sayangi. Caranya, rawat koleksi pakaian, aksesori, tas ataupun sepatu kita, biar selalu terjaga dan kita bisa memakainya dalam jangka waktu yang lama.

 


Outfit

1. Pakaian handmade seperti yang memakai detail sulam, ataupun penuh dengan aksen payet, sebaiknya dicuci kering atau dry clean. Jika kita memakainya enggak terlalu lama dan enggak tercium bau ataupun terkena noda, cukup kita angin-anginkan saja.

2. Busana yang penuh dengan embellished ataupun payet, seperti kebaya kebaya brokat dan gaun pesta, sebaiknya jangan digantung di lemari, tapi dimasukkan ke dalam kotak. Karena, pakaian dengan hiasan yang berat, bila digantung mudah tersangkut dengan pakaian lain sehingga mudah robek dan membuat bentuknya berubah (khususnya pada bagian bahu).

3.Secara berkala, keluarkan pakaian handmade yang kita simpan dari dalam kotak meski enggak dipakai, angin-anginkan sebentar supaya enggak lembab dan menimbulkan bau.



Sepatu

1.Setelah dipakai, bersihkan sepatu terlebih dahulu dengan lap atau menyikatnya secara perlahan, sebelum dimasukkan kembali ke dalam kotak.

2. Letakkan silica gel dalam kotak sepatu supaya enggak lembab  dan tahan lama, juga jauhkan  sepatu dari sinar matahari langsung agar warnanya enggak pudar dan merusak material sepatu.

3. Dua minggu sekali, keluarkan sepatu dari kotaknya dan angin-anginkan sebentar, selain sepatu juga butuh udara, juga meminimalisir bau yang menempel pada sepatu.

4. Gunakan shoes trees saat menyimpan sepatu agar bentuknya tetap terjaga.

 

 

Tas

1. Setelah dipakai, segera bersihkan dengan kain lap flannel dan masukkan ke dalam kantong tas.

2. Supaya bentuknya terjaga, gunakan koran secukupnya yang dimasukkan ke dalam tas untuk mengganjal. Sesuaikan banyaknya koran, dengan bentuk tas kita. Sehingga enggak terlalu penuh dan enggak terlalu luang. Lalu simpan dalam posisi berdiri (jangan saling tindih).



 
Aksesori

1. Kenakan aksesori setelah selesai berdandan dan menata rambut supaya enggak terkena hair spray dan minyak wangi yang bisa mengakibatkan perubahan warna pada aksesori.

2. Setelah aksesori dipakai, langsung bersihkan dengan kain lap flannel kering.

3. Simpan aksesori dalam kotak beludru atau kain secara terpisah. Karena, material beludru dan kain akan menjaga aksesori enggak mudah tergores dibandingkan material kayu ataupun logam.

 

(sekar, foto: refinery29.com)

 

author :

Sekar

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN