Fashion

Tips Berburu Barang Vintage ala Fashion Blogger

Published by : Marti Posted on : Minggu, 6 April 2014

Tips Berburu Barang Vintage ala Fashion Blogger

Baju preloved atau vintage bisa jadi pilihan kalau ingin mencari baju murah tapi tetap stylish. Enggak heran banyak selebriti kayak Alexa Chung, Chloe Sevigny, Haim Sisters dan Hayley Williams hobi berburu baju vintage di toko lokal. Supaya enggak terjebak dengan harga dan model saat membelinya, beberapa fashion blogger yang juga pemilik toko vintage ternama ngasih tips saat beli baju vintage.

 

Jangan Cari Tren

Ingat, fashion selalu berputar. Bisa saja pakaian yang kita pakai sedang tren, tapi tiga bulan lagi sudah enggak tren. Nah, saat beli pakaian preloved atau vintage jangan membeli hanya karena modelnya sedang tren. Kata fashion blogger Amira Hikim, The Style Vault, pilih baju yang berbeda dari tren sekarang. Pilih baju yang menurut kita punya masa pakai lebih lama dan aman, walau baju tersebut pakaian lama dari tahun 90an.

 

Jangan Tergantung Dengan Merk

Tiap berburu pakaian vintage atau preloved kita terpaku dengan merk. Lihat merk ini itu langsung beli, padahal model dan mutu pakaiannya sudah enggak banget. Tips dari Tracy Chambers Vintage, Helen Williams, cari pakaian sesuai dengan kebutuhan. Anggap brand tertentu adalah bonus dari buruan kita. Momen berburu juga harus disesuaikan. Cari tahu kapan barang baru turun di pasar itu. Agar kita lebih banyak pilihan dan enggak dapat barang sisa.

 

Cari Dress dan Rok

Saat mencari barang vintage atau preloved, kita bisa mulai dari dress dan rok. Kata June Deuell dari White Dove, "Ada banyak style keren tahun 80an dan 90an yang jadi tren saat ini, dan semua high waisted yang bisa dibuat jadi rok mini keren. Potong rok sesuai panjang yang kita suka,"

 

Beli Atau Tidak

Banyak dari kita yang terjebak harus membeli saat pergi belanja padahal belum tentu barang di sana menarik. Walau sudah ikut mengacak toko, seharian keliling dan tawar menawar. Bukan berarti kita harus membeli barang itu. Kalau memang belum ada yang disukai jangan terpaksa beli girls. Lakukan lagi seminggu kemudian.

 

Teliti saat membeli juga wajib saat membeli produk vintage. Biasanya beberapa toko sudah mencuci pakaian sehingga terlihat normal. Padahal kalau diteliti kancing bisa lepas, retsleting macet atau ada bagian baju yang bolong. Pemilik toko vintage Nomad Vintage, Katie McDonnell, berbagi tips. Saat memilih coba seluruh bagian kancing dan retsleting. Cari lokasi yang terang buat meneliti. Jangan ragu bawa senter kecil buat meneliti bagian baju.


Jangan Takut Baju Enggak Update

Peraturan pertama membeli pakaian vintage atau preloved adalah enggak kenal model dan waktu. Kita membuat barang enggak tren menjadi update dan terlihat lebih trendi. Yang perlu diingat saat memakainya, mix dengan outfit dan aksesori stylish. Kata Amy Yee pemilik Maeven, jangan pernah maksa mengenakan seluruh pakaian dan aksesori vintage. "Kamu bisa belanja dari tahun atau dekade manapun dan tetap terlihat baru," Ayo, dengarkan tips Amy?

 

 

 

(stefanie, foto: elle.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN