Fashion

Flat shoes Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 13 November 2014

Flat shoes Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan

Cewek biasanya punya minimal satu sepatu teplek atau flat shoes. Banyak yang suka karena merasa flat shoes itu mudah dan nyaman. Tapi sebenarnya bagus enggak sih buat kesehatan?

 

(Baca juga: Quiz Box What Kind of Shoes Are You?)

 

Pendapat dokter spesialis kaki

"Banyak yang menganggap flat shoes adalah pilihan yang lebih aman dan nyaman (ketimbang sepatu hak tinggi), yang mereka enggak sadari, sepatu datar yang tak memiliki hak sama sekali membuat tumit dan bagian tungkai tak tersangga dengan baik," ujar Dr. Daniel Drapacz, dokter spesialis kaki dari New York kepada SheKnows.

 

Bila sepatu ballet ini dipakai secara rutin, percayalah, bukan hanya kaki yang akan terasa sakit, namun juga berbagai bagian tubuh yang lain.

 

"Sol sepatu yang tipis dan enggak memiliki sanggaan, lama-kelamaan membuat kaki menggulung ke depan, mengakibatkan ligamen dan tendon merenggang, dan ini mengakibatkan nyeri di bagian lutut bahkan pinggul," ucap Drapacz.

 

(Baca juga: Stylish Sneakers)

 

Berbahaya untuk kesehatan kaki

Bila otot kaki kita enggaktahan, kita bahkan bisa terkena kondisi menyakitkan yang bernama plantar fasciitis. Yaitu rasa sangat panas seperti terbakar di bagian bawah kaki, yang membuat kita susah berjalan.

 

Apa lagi yang bisa diakibatkan oleh sepasang sepatu balerina? Sakit pada bagian tendon, tulang kaki retak karena tekanan, peradangan, bahkan sakit punggung. Ini belum termasuh fakta bahwa paku atau benda tajam lain lebih mudah menusuk sepatu yang tipis dan menembus kaki. Ouch!

 

Drapacz berkata, "Kalau memang tetap ingin membeli flat shoes model balerina, pastikan Anda mencoba untuk melipatnya menjadi dua. Bila sepatu itu bisa dilipat dengan mudahnya, bukan pilihan bijak bila kita memakaikannya ke kaki," ujarnya. (Sumber: SheKnows)

 

(Baca juga: Cara Memadukan Rok dan Sepatu)

 

(astudestra/tabloidnova.com, foto: tumblr.com, huffingtonpost.com)

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN