Fashion

DIY: Market Bag

Published by : Sekar Posted on : Senin, 15 Juli 2013

DIY: Market Bag

Banyak hal yang bisa kita perbuat untuk melestarikan lingkungan. Kita bisa mulai dengan hal yang simple dan pastinya bermanfaat. Seperti memanfaatkan barang yang sudah enggak terpakai menjadi barang yang bisa kita pakai kembali.

 

Salah satunya, membuat tas belanja sendiri. Wah, pas banget kan, buat kita yang hobi belanja. Dengan membuat tas belanja sendiri, selain mengasah kreativitas kita, juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik belanjaan kita.

 

Cukup dengan mengumpulkan baju yang sudah enggak terpakai lagi, kita bisa seru-seruan membuat tas belanja sendiri. Siapa tahu tas belanja buatan kita bisa menginspirasi untuk dipakai saat berbelanja dan membuat sampah plastik jadi berkurang.

 

Bahan yang diperlukan:


-  Kaos bekas
-  Penggaris
-  Gunting
-  Pensil

 

Cara membuat:


1. Siapkan baju yang sudah enggak terpakai

 

2. Gunting kedua bagian lengannya kurang lebih sesuai bentuk garis jahitan lengan.

 

3. Lanjutkan menggunting bagian kerah kurang lebih sesuai bentuk garis jahitan atau huruf U.

 

4. Kemudian, gunakan bantuan penggaris dan pensil untuk membuat garis lurus sebagai batas yang nantinya akan di gunting pada bagian bawahnya untuk membuat fringes atau rumbai. Jika enggak punya penggaris dan pensil, cukup letakkan telapak tangan pada kaos sebagai acuan batasan membuat rumbai.

 

5. Tentukan juga lebar rumbai yang akan dibuat, kurang lebih 1 - 2 cm, dengan membuat garis menggunakan penggaris dan pensil.  Setelah selesai, mulai menggunting bentuk rumbai dengan arah vertikal ke atas dan lanjutkan menggunting seluruh jahitan bagian bawah kaos.

 

6. Terakhir, setelah rumbai jadi, lanjutkan dengan mengikatnya satu sama lain. Untuk hasil yang lebih kuat, kita bisa mengikat rumbai yang satu dengan yang lain sebanyak dua kali.

 

 

Tips:

Sisa kain yang terpotong bisa kita kreasikan menjadi brooch berbentuk bunga atau pita.



Gampang kan, yuk coba!

 

(sekar, foto: sounds-like-me.com)

 

author :

Sekar

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN